14 Feb 2024

PIP Siswa Madrasah Aliyah Naik Jadi Rp1,8 Juta

Besaran nominal bantuan PIP untuk siswa Madrasah Aliyah mengalami kenaikan. Siswa MA akan menerima PIP sebesar Rp1.800.000 per siswa. Besaran ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang Rp 1 juta per siswa.


Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemanag M Sidik Sisidiyanto mengaskan kenaikan nominal PIP Madrasah untuk siswa di jenjang MA tersebut dalam Koordinasi Teknis Persiapan Penyaluran Anggaran Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 secara online melalu platform zoom dan disiarkan langsung di Youtube Direktorat KSKK Madrasah pada Selasa pagi (13/02).


"Alhamdulillah, tahun ini untuk pertama kalinya PIP Madrasah secara nominal mengalami kenaikan untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang semula hanya Rp1 juta per siswa saat ini menjadi Rp1,8 juta per siswa," ujar M Sidik Sisidiyanto.


PIP Siswa Madrasah Aliyah Naik

Sayangnya yang mengalami kenaikan hanyalah penerima di jenjang Madrasah Aliyah. Sedang untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah besaran nominalnya masih sama dengan tahun sebelumnya.


Dilansir dari Ayo Madrasah, kenaikan besaran nominal PIP Madrasah untuk siswa Madrasah Aliyah ini telah tertuang juga dalam Juknis PIP 2024, yaitu SK Dirjen Pendis Nomor 7235 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Untuk Siswa Madrasah Tahun Anggaran 2024.


Dirjen Pendidikan Islam melalui Direktorat KSKK Madrasah telah menyiapkan anggaran untuk PIP Madrasah sebesar Rp.1.302.009.650.000. Jumlah tersebut terdistribusi sebanyak Rp422 Milyar untuk MI, Rp558 Milyar untuk Madrasah Tsanawiyah, dan sisanya Rp320 Milyar untuk siswa Madrasah Aliyah.


Baca: Syarat dan Cara Aktivasi dan Pencairan PIP Madrasah 2024


PIP Madrasah 2024 Akan Dicairkan 2 Tahap


Masih menurut M. Sidik Sisidiyanto, seluruh anggaran PIP Madrasah tahun 2024 akan direalisasikan dengan skema dua tahap pencairan. Sebesar Rp. 900 M akan disalurkan pada penyaluran tahap I.


Realisasi penyaluran PIP Madrasah Tahap I Tahun 2024 akan mulai direalisasikan pada minggu kedua bulan Februari 2024.


Namun jika melihat Timeline Penyaluran PIP Madrasah 2024, sebagai tertuang dalam materi slide zoom meeting, penyaluran PIP Madrasah direncakan berlangsung dalam tiga tahap. Ketiga tahap tersebut meliputi bulan April, Juli, dan Oktober 2024.


Dengan besaran nominal PIP Madrasah untuk siswa MA yang naik pada tahun ini, semoga memberikan manfaat yang besar pada siswa Madrasah Aliyah penerima PIP. Pun ke depannya kenaikan ini juga terjadi pada jenjang madrasah lainnya yaitu MTs dan MI.


Dan yang tak kalah penting dari kenaikan nominal PIP siswa Madrasah Aliyah ini adalah peningkatan kuota siswa penerima PIP. Sehingga semua siswa yang layak menerima dapat menerima bantuan tersebut.

Add Comments


EmoticonEmoticon