19 Des 2025

Solusi Gagal Kirim Nilai Rapor ke RDM Pusat

Solusi permasalahan gagal mengirim nilai rapor ke server RDM Pusat. Bagaimana cara mengatasi nilai rapor tidak dapat dikirim ke RDM Pusat. 


Setiap akhir semester, madrasah pengguna RDM diharapkan mengirimkan data nilai rapor yang telah diisinya ke server pusat RDM. Pengiriman nilai dilakukan di akun Operator Madrasah dengan mengeklik menu "Rapor" >> "Kirim Nilai", lalu klik tombol Kirim Semua (untuk mengirim nilai di semua rombel) atau tombol "kirim" di belakang masing-masing nama rombel.


Solusi Gagal Kirim Nilai Rapor ke RDM Pusat

Namun dalam beberapa hari terakhir, banyak yang melaporkan kegagalan proses kirim nilai ini. Terutama setelah update RDM versi 3.1 Revisi 20251218104054.


Sebagaimana diketahui, beberapa hari yang lalu RDM melakukan update kembali yang salah satunya penambahan parameter proteksi pengiriman nilai RDM untuk MI, MTs dan MA ke server pusat.


Artikel kali ini akan mengulas beberapa kasus kegagalan pengiriman nilai rapor ke server RDM Pusat.


Baca: Cara Mengisi Nilai Kokurikuler di RDM


1. Gagal Kirim Nilai: Silakan Update Aplikasi


Kasus pertama gagal kirim nilai rapor ke RDM Pusat karena aplikasi belum diupdate. 


Muncul notifikasi "Silakan update aplikasi sebelum mengirim nilai. Revisi minimal 20251518104054."


Gagal Kirim Nilai: Silakan Update Aplikasi

Solusi atas permasalahan ini cukup mudah yaitu dengan melakukan update aplikasi RDM.


Update bisa dilakukan secara online dengan mengeklik logo lembaga di pojok kanan atas kemudian pilih menu Update. Setelah terbuka jendela update, klik tombol hijau "Update Online".


Atau secara secara manual dengan terlebih dulu mengunduh file update di alamat https://rdm.kemenag.go.id/#/download. Setelahnya buka aplikasi RDM, klik ogo lembaga di pojok kanan atas kemudian pilih menu Update. Setelah terbuka jendela update, klik kotak "Drop file here or click to choose" pilih file update yang telah diunduh tadi.


Setelah diupdate ke Revisi 20251518104054, silakan lakukan pengiriman nilai kembali.


2. Gagal Kirim Nilai: Data Siswa Tidak Tersyncron Emis


Kasus gagal kirim nilai berikutnya adalah karena data siswa belum tersyncron dengan data siswa di Emis. Ini ditandai dengan munculnya keterangan "Data siswa tidak tersyncron emis, nilai tidak dapat di kirim. Update aplikasi dan lakukan sync ulang data siswa dengan emis kemudian kirim kembali nilainya."


Gagal Kirim Nilai: Data Siswa Tidak Tersyncron Emis

Cara mengatasi kasus ini, yaitu:

  1. Buka menu "Siswa" 
  2. Klik submenu "Data Siswa"
  3. Klik tombol hijau "Sync Emis"
  4. Tunggu hingga proses sinkron berhasil
  5. Setelah berhasil melakukan sinkron, silakan lakukan pengiriman nilai.

3. Gagal Kirim Nilai: IP yang Terdaftar


Kasus gagal kirim nilai rapor berikutnya dikarenakan menggunakan perangkat dan IP yang berbeda dengan saat registrasi RDM.

Kasus ini ditandai dengan munculnya notifikasi berbunyi, " Untuk memastikan kevalidan nilai yang dikirim ke portal pusat, Anda hanya dapat mengirim nilai dari IP yang terdaftar saat melakukan registrasi RDM".

Gagal Kirim Nilai: IP yang Terdaftar

Bagi pengguna RDM versi hosting, bisa jadi masalah ini akan menjadi rumit, mengingat IP bisa saja berubah-ubah.

Salah satu solusi terhadap permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan RDM versi installer.

Sebelumnya kita harus membuat backup data dari RDM versi hosting yang nantinya bisa direstore ke RDM versi installer. Langkah-langkahnya adalah:
  1. Klik menu "Backup Restore"
  2. Klik tombol "Backup Semua"
  3. Setelah berhasil dan tercipta file "RDMBackup_xxxxxx" download file tersebut dan simpan di komputer. File ini nantinya kita restore ke RDM versi Installer.

Langkah berikutnya adalah mengunduh RDM versi Installer dari laman https://rdm.kemenag.go.id/#/download. Kemudian install RDM tersebut ke komputer.

Setelah berhasil menginstall: 
  1. Jalankan RDM versi Installer
  2. Pada laman Registrasi RDM ketikkan NSM, Token, Password, dan klik "Daftar"
  3. Token RDM bisa didapatkan dari Admin Kabupaten atau mencari sendiri di laman https://rdm.kemenag.go.id/login/auth kemudian login dengan SSO Emis
  4. Jika langkah kedua berhasil, sila login dengan NSM dan Password yang dibuat tadi. Jangan lupa memilih tahun pelajaran dan semester saat ini.
  5. Lakukan Update versi RDM Installer ke versi terbaru. Caranya sama dengan di atas.
  6. Lakukan Restore dengan cara klik menu "Backup Restore", lalu klik "kotak "Restore", dan klik untuk mencari file hasil Backup yang telah dilakukan pada langkah sebelumnya tadi. Tunggu sampai proses restore berhasil.

Setelah langkah-langkah di atas selesai, silakan lakukan kirim nilai rapor di menu "Rapor" >> "Kirim Nilai"

Itulah beberapa kasus dan solusi gagal kirim nilai rapor ke RDM Pusat. Semoga bermanfaat.

Add Comments


EmoticonEmoticon