26 Feb 2017

Error Emis : Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun atau Lebih 16 Tahun

Satu lagi yang baru di Emis Semester Genap Tahun 2016/2017 adalah munculnya peringatan error "Usia Siswa Kurang 4 Tahun atau Lebih 16 Tahun". Peringatan yang selengkapnya berbunyi "Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yang tidak seusia sekolah (<4 Tahun atau >16 tahun), silakan cek data detail siswa" tersebut muncul ketika proses backup dengan menggunakan aplikasi desktop emis bagi Madrasah Ibtidaiyah.

Error backup emis terkait siswa yang tidak seusia sekolah ini pun bisa ditemui di RA dan jenjang madrasah lainnya (MTs dan MA). Tentu dengan bunyi pemberitahuan yang berbeda.

Dan tentunya, bagaimana solusi dan pemecahan terhadap permasalahan error emis ini.

Error Emis Kesalahan Usia sekolah Siswa

Sebagaimana yang kita ketahui terdapat regulasi yang mengatur usia minimum dan maksimun seorang siswa (batasan umur). Salah satunya adalah Keputusan Bersama  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Agama nomor 2/VII/PB/2014 dan Nomor 7 Tahun 2014 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak / Raudhatul Athfal / Bustanul Athfal dan Sekolah / Madrasah. Baca dan download keputusannya di Halaman Peraturan Menteri Agama.

Contoh pesan (notifikasi) terkait dengan kesalaham (error) Usia Sekolah pada saat melakukan backup dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis adalah sebagai berikut:

Error Emis Kesalahan Usia sekolah Siswa

Pada error emis tersebut muncul peringatan:

Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yang tidak seusia sekolah (<4 Tahun atau >16 tahun), silakan cek data detail siswa

Baca Juga:


Cara Mengatasi Kesalahan Usia Sekolah Siswa


Lalu bagaimana sokusi dan cara mengatasi kode error emis "Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yang tidak seusia sekolah" tersebut?

Kode tersebut muncul karena dalam isian Form Emis Excel terdapat siswa yang berusia kurang atau lebih dari yang disyaratkan. Sehingga aplikasi desktop emis akan otomatis menolak ketika proses backup dilakukan.

Untuk mensiasatinya:

  1. Buka Form Emis Excel
  2. Cari siswa yang usianya kurang atau lebih dari syarat yang ditentukan
  3. Lakukan editing (rubah) tanggal lahir (tahun) siswa tersebut sehingga usia siswa akan memenuhi syarat. Jika pada MI berarti berusia antara 4 s.d 16 tahun.
  4. Jika sudah, silakan save Form Emis Excel
  5. Upload ulang form tersebut pada Aplikassi Desktop Emis bagian Detail Siswa
  6. Lakukan Backup

Setelah berhasil melakukan backup, bukan berarti pekerjaan telah usai. Karena data usia siswa dalam emis tersebut salah (karena harus kita sesuaikan) maka kita harus melakukan langkah-langkah perbaikan. Sayangnya perbaikan ini tidak dapat dilakukan oleh Operator Emis Madrasah.
  1. Madrasah membuat surat pengajuan perubahan data siswa atas nama siswa tersebut dengan dilampiri bukti berupa foto copy Akta Kelahiran atau Ijazah jenjang sebelumnya.
  2. Surat ditujukan kepada admin Emis Kabupaten/Kota
  3. Oleh Admin Kabupaten/Kota, ajuan perubahan data tersebut akan diteruskan ke Admin Emis di tingkat selanjutnya, yakni Kanwil dan Pusat.
Konon yang bisa melakukan perubahan data ini secara manual hanyalah Admin Emis tingkat Pusat.


Langkah-langkah perbaikan tersebut di atas hanyalah gambaran secara garis besar. Tahapan dan persyaratan yang lebih pasti silakan ditanyakan kepada Operator Emis Kabupaten/Kota masing-masing.

Demikian tips dan cara mengatasi error emis Kesalahan Usia Sekolah Siswa. Semoga tips ini bermanfaat untuk meringankan beban operator emis tingkat madrasah yang kebetulan mengalami kendala error Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun atau Lebih 16 Tahun.


EmoticonEmoticon