6 Mei 2018

Soal KSM MI Matematika Sains 2013-2017

Soal KSM (Kompetensi Sains Madrasah) untuk Madrasah Ibtidaiyah, baik untuk bidang Matematika Terintegrasi maupun Sains IPA Terintegrasi. Soal-soal KSM ini merupakan arsip soal dalam pelaksanaan KSM tahun-tahun sebelumnya yaitu tahun 2013 hingga 2017.

Kompetensi sains Madrasah atau KSM merupakan kegiatan rutin Dirjen Pendidikan Islam Kemenag dalam bentuk kompetisi yang ditujukan untuk peningkatan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif. Dengan KSM diharapkan mampu menumbuhkembangkan budaya belajar, kreatifitas, dan motivasi untuk meraih prestasi terbaik. Kesemuanya diselenggarakan dalam sebuah kompetisi yang sehat, menjunjung tinggi sportivitas, dan mengedepankan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Kompetisi Sains Madrasah dilaksanakan untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Bidang yang dilombakan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah meliputi Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Sedang untuk jenjang MTs meliputi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Dan untuk MA terdiri atas Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Dalam penyelenggaraan di tahun 2018 ini, KSM dijadwalkan akan berlangsung pada Maret-April 2018 (untuk tingkat Satuan Pendidikan), 12 Mei 2018 (KSM Tingkat Kabupaten), 25 Juli 2018 (KSM Tingkat Provinsi), dan 17-21 September 2018 (KSM Nasional).

Soal KSM MI Matematika Sains

Baca Juga:

Download Soal KSM MI


Untuk mempersiapkan peserta didik dalam mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2018, Ayo Madrasah membagikan beberapa contoh soal KSM untuk Madrasah Ibtidaiyah.

Contoh soal ini merupakan arsip soal KSM pada penyelenggaraan KSM di tahun-tahun sebelumnya. Mulai tahun 2013 hingga KSM 2017 kemarin. Masing-masing terdiri atas dua bidang yaitu soal KSM Matematika Terintegrasi dan soal KSM Sains IPA Terintegrasi.

Untuk mengunduh secara gratis contoh soal Kompetisi Sains Madrasah tersebut, silakan klik tautan yang tersedia di bawah ini.

Baca: Juknis KSM Tahun 2023

Soal Kompetisi Sains Madrasah bidang Matematika Terintegrasi untuk Madrasah Ibtidaiyah:


Soal Kompetisi Sains Madrasah bidang Sains IPA Terintegrasi untuk Madrasah Ibtidaiyah:


Soal-soal KSM MI yang merupakan arsip penyelenggaraan KSM tahun sebelumnya tersebut bisa menjadi acuan dan bahan latihan dalam mempersiapkan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah dalam menghadapi KSM jenjang MI.

Namun dalam menggunakan soal-soal tersebut, diharap tetap memperhatikan kisi-kisi KSM Tahun 2018 sebagaimana tercantum dalam Petunjuk Teknis Pelaksanaan KSM Tahun 2018, sehingga soal yang dipelajari tepat sasaran.

4 komentar


EmoticonEmoticon