22 Okt 2018

Surat Edaran dan Jadwal Update Emis 2018/2019 Semester 1

Pemutakhiran (update) Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 akhirnya dibuka. Setelah sempat dibuka-tutup untuk keperluan uji coba, akhirnya terbitlah Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor 4175/DJ.I/Set.I/OT.01.1/10/2018 tertanggal 22 Oktober 2018 tentang Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Madrasah, PD-Pontren, dan PAI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam surat yang menandai dimulainya pemutakhiran emis tersebut juga dicantumkan lampiran berupa jadwal update emis.

Berdasarkan surat edaran Ditjen Pendis Kemenag tersebut, pemutakhiran data Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 akan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan. Tepatnya pendataan akan dibuka sejak tanggal 23 Oktober 2018 dan berakhir pada 21 Desember 2018. Namun bukan berarti setiap lembaga (madrasah) memiliki waktu selama dua bulan untuk menyelesaikan pendataan emis. Karena total waktu yang dialokasikan tersebut akan dibagi dalam jadwal pergelombang/wilayah.

Jadwal Update Emis 2018/2019

1. Surat Edaran Pemutakhiran Emis 2018/2019 Semester Ganjil


Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemutakhiran data emis diberlakukan bagi seluruh entitas di bawah binaan Ditjen Pendis Kemenag yang meliputi Emis Madrasah (RA, MI, MTs, MA, dan Pengawas Madrasah), Emis PD-Pontren, dan Emis PAI (Guru PAI, Pengawas PAI, dan penyelenggara PAI di sekolah).

Aplikasi pendataan yang dipergunakan adalah melanjutkan tahun sebelumnya yaitu menggunakan aplikasi online berbasis web. Aplikasi ini bisa diakses langsung dengan alamat masing-masing, yaitu:


Khusus bagi Emis Madrasah, berbeda dengan tahun sebelumnya yang dibedakan perjenjang madrasah, kali ini cukup menggunakan satu alamat (url) untuk masuk ke dalam aplikasi bagi semua jenjang baik RA, MI, MTs, MA, maupun Pengawas Madrasah.

Selengkapnya terkait dengan surat edaran ini silakan unduh dan baca Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor 4175/DJ.I/Set.I/OT.01.1/10/2018 tertanggal 22 Oktober 2018 tentang Pengantar Pemutakhiran Data EMIS Madrasah, PD-Pontren, dan PAI Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019; UNDUH DI SINI.

2. Jadwal Update Emis 2018/2019 Semester Ganjil


Pemutakhiran (update) data Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 memang dibuka selama hampir 2 bulan. Namun dari total waktu yang dialokasikan tersebut dibagi menjadi 12 gelombang dengan masing-masing gelombang hanya dialokasikan waktu 5 hari. Setiap gelombang tersebut terdiri atas beberapa provinsi atau bahkan kabupaten.

Intinya, setiap lembaga hanya memiliki waktu selama 5 hari untuk menyelesaikan updating data Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan waktu yang telah dijadwalkan.

Hal ini terpaksa harus dilakukan untuk mengefektivkan pelaksanaan pemutakhiran data emis yang biasanya terkendala dengan masalah kemampuan server dalam menerima dan memproses lonjakan data.

Jadwal update data Emis 2018/2019 Semester Ganjil adalah sebagai berikut.

  1. Gelombang I, 23 - 27 Oktober, untuk wilayah Jawa Barat 1 (terdiri atas Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab. Bekasi, Kab. Bogor, Kab. Ciamis, Kab. Cianjur, Kab. Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Karawang, Kota Bandung, dan Kota Cirebon)
  2. Gelombang II, 28 Oktober - 1 November 2018, untuk wilayah Jawa Barat 2 (terdiri atas Kab. Garut, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka, Kab. Pangandaran, Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kab. Sukabumi, Kab. Sumedang, dan Kab. Tasikmalaya)
  3. Gelombang III, 2 - 6 November 2018; untuk wilayah Jawa Timur 1 (yang meliputi Kab. Bangkalan, Kab. Banyuwangi, Kab. Blitar, Kab. Bojonegoro, Kab. Bondowoso, Kab. Gresik, Kab. Jember, Kab. Jombang, Kab. Kediri, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kota Surabaya)
  4. Gelombang IV, 7 - 11 November 2019; untuk wilayah Jawa Timur 2 (yang meliputi Kab. Lamongan, Kab. Lumajang, Kab. Madiun, Kab. Magetan, Kab. Malang, Kab. Mojokerto, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Pacitan, Kab. Pamekasan, Kab. Pasuruan, dan Kab. Ponorogo)
  5. Gelombang V, 12 - 16 November 2018; untuk wilayah Jatim 3 (Kab. Probolinggo, Kab. Sampang, Kab. Sidoarjo, Kab. Situbondo, Kab. Sumenep, Kab. Trenggalek, Kab. Tuban, dan Kab. Tulungagung), ditambah provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.
  6. Gelombang VI, 17 - 21 November 2018; untuk wilayah provinsi Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.
  7. Gelombang VII, 22 - 26 November 2018; untuk wilayah provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Kep. Riau, DKI Jakarta, dan Dl Yogyakarta.
  8. Gelombang VIII, 27 November - 1 Desember 2018; untuk wilayah Jawa Tengah 1 (meliputi: Kab. Banjarnegara, Kab. Banyumas, Kab. Batang, Kab. Blora, Kab. Boyolali, Kab. Brebes, Kab. Cilacap, Kab. Demak, Kab. Grobogan, Kab. Jepara, Kab. Karanganyar, Kab. Kebumen, Kab. Kendal, Kab. Klaten, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Salatiga, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Tegal, dan Kab. Kudus)
  9. Gelombang IX, 2 - 6 Desember 2018; untuk wilayah Jawa Tengah 2 (meliputi: Kab. Magelang, Kab. Pati, Kab. Pekalongan, Kab. Pemalang, Kab. Purbalingga, Kab. Purworejo, Kab. Rembang, Kab. Semarang, Kab. Sragen, Kab. Sukoharjo,Kab. Tegal, Kab. Temanggung, Kab. Wonogiri, dan Kab. Wonosobo), ditambah provinsi Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat
  10. Gelombang X, 7 - 11 Desember 2018; untuk wilayah provinsi Aceh, Sumatera Utara , dan Jambi
  11. Gelombang XI, 12 - 16 Desember 2018; untuk wilayah provinsi Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, dan Kep. Bangka Belitung
  12. Gelombang XII, 17 - 21 Desember 2018; untuk wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Atau lihat gambar jadwal update Emis berikut.

Jadwal Update Emis 2018/2019 Semester 1

Dengan diterapkannya sistem penjadwalan perwilayah memang memperberat kerja operator. Apalagi dengan alokasi waktu yang hanya 5 hari untuk setiap lembaga. Tentu akan sangat terasa bagi madrasah-madrasah besar dengan jumlah siswa yang banyak.

Namun, demi efektivitas pendataan hal ini harus ditempuh.

Sehingga, sebelum memasuki jadwal yang ditentukan ada baiknya operator madrasah untuk menyiapkan segala sesuatu sehingga ketika melakukan entri data bisa maksimal meskipun dengan waktu yang terbatas.

Bagi yang saat uji coba kemarin telah ikut mencoba membuka dan mengisi aplikasi Emis Online tentu sedikit banyak telah mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan. Namun bagi yang belum sempat mencoba melihat penampakan aplikasi ini di semester ini, bisa melihat video berikut ini.



Sekali lagi, meskipun surat edaran dan jadwal update emis online periode kali ini kurang berpihak kepada operator madrasah, namun tidak perlu gentar. Operator Madrasah adalah sosok-sosok hebat yang berdedikasi tinggi demi Madrasah hebat Bermartabat.

26 komentar

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

emis nya ga bisa dibuka.. error terus

Dapodik gak gitu #menyedihkan

assalamualaikum....
ini masih bisa gak ya mau daftar operator
trims....

Assalamualaikum.....
maaf sebelumnya ini mau daftar operator bisa gak ya????
masalahnya sdah terlambat.

Salam satu Data Sejuta Aplikasi..... #KemenagMenyedihkan

emis madrasah untuk wllayah sumenep mungkin baru bisa di akses 12 nopember 2019

Kabupaten sumenep kebagian jadwal akses emis mulai tanggal 12 sampai 16 November 2018 tapi sampai 13 november ini masih not fount, aduh payah over load

Assallamu alaikum
Kota Tual dari tgl 15 sore smpe jam 23.59 msh juga error

Terlalu dipaksakan, dan sudah berulang kali dan msh dipaksakan.....kapan

Kita operator dikasi jadwal hanya 5 hari..sedangkan dalam 5 hari itu susah baru bisa login dan servernya error trus. Gimana mw selesai klw modelnya kaya gini pa

untuk wilayah kabupaten lebak jenjang MI sampai 19/11/2018

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: pg_connect(): Unable to connect to PostgreSQL server: FATAL: sorry, too many clients already FATAL: sorry, too many clients already

Filename: postgre/postgre_driver.php

Line Number: 154

Backtrace:

File: /var/www/html/emispendis/emis_madrasah/application/controllers/Apps.php
Line: 6
Function: __construct

File: /var/www/html/emispendis/emis_madrasah/index.php
Line: 315
Function: require_once
A Database Error Occurred

Unable to connect to your database server using the provided settings.

Filename: controllers/Apps.php

Line Number: 6

Trlalu banyak proyek aplikasi... Ada Neng Emis,
ada bpak siBos pintar, ada Mbak Tika/Simpatika dan aplikasi lain2nya yg trlalu bnyak sampai2 lp namanya. Menyulitkan bukan memudahkan, ribet tdak sderhana. Proses kerja jd bertele2. Ini trkesan mnyulitkan urusan umat muslim, gak tkut kh urusan akhiratmu d sulitkan kelak. Krena bnyak oprator yg mrasa terzolimi. Mudahan2 d baca dan tolong sampaikan kpd org2 pemegang kebijakan.

Bagaimana solusinya jika sampai batas akhir yang dijadwalkan masih tetap erorr. sudah lima hari kita tunggu emis normal tapi sampai akhir jadwal pun masih error

Assalamu'alaikum.Wr.Wbr.
Dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pendataanya bersama majunya technologi impormasi, Pemerintah dalam hal ini khususnya Kemenag membuat aturan yang dominan bukannya banyaknya kebijakan-kebijakan yang harus dilaksanakan yang akhirnya timbul kesimpang siuran dan menjadi kendala sendiri,memakai 1 atau 2 aplikasi yang menjadi acuan standar dalam pelaksanaannya serta kemudahan dalam pekerjaan mengisi data dalam aplikasi tersebut,systim manualpun dibutuhkan untuk mengatasi kendala error dalam suatu systim atau suatu tempat atau daerah yang mengalami kendala koneksi internet, hal ini harus diatasi dengan bijak dan ditanggapi semua pihak yang terkait.

selama lima hari datanya tdk terunggah semua kemana untuk memperbaikinya, serverny udh di tutup?
lambat mnengunggah data siswa karna itu tadi, server PHP erorr.
solusinya gmna?

Assalamualaikum. Pak kalau untuk guru pai SD. Login ny pake alamat yang mana?

Assalamualaikum...
Untuk wilayah Tangerang selatan Provinsi Banten..Aplikasi emisnya tolong dong servernya di ganti atau di tambah yg lebih baik lagi...kita sebagai operator merasa tersiksa dgn aplikasi Emisnya sedangkan waktu online cuma dikasih 5 hari dari begitupun susah log in sekalinya masuk langsung Out atau PHP eror disaat yg lain sudah berada dalam alam mimpi tapi kita operator masih sibuk dgn Emisnya yg PHP terus...sampai saat ini belum ada sekolah di Tangsel yg selesai dalam pengerjaan Emisnya...sedikit curahan hati saya sebagai operator

Pak kami dari MAS YASPI LABUHANDELI di MEDAN SUMUT sampai sekarang emisnya nggak terbuka. Dari jadwal yg diberikan sampai batas akhir tgl nggak juga terbuka emisnya. Kok makin kacau jadinyaaaaa...

tolong bantuannya, bagaimana ini mau daftar emis pai untuk guru pai,tapi tidak bisa masuk-masuk, terkunci webnya untuk daftar, sedangkan untuk masuk emis pai harus punya sandi/passwordnya

Gimana mau entry data?? , masuk akun emis saja loading nya lama banget, servernya kurang mendukung, tolong ditingkatkanlah

Assalamualaikum wr wb
maaf bagaimana kalau belum sempat. print BAP tapi emis nya sudah keburu ditutup
mohon penjelasannya
terimakasih, wassalam


EmoticonEmoticon