28 Okt 2020

Cara Cepat Mengisi No Telpon di Aplikasi e-Ponsel Madrasah

Tips dan trik cara cepat mengisi nomor telpon siswa di aplikasi e-Ponsel Madrasah, kiranya sangat dibutuhkan. Mengingat jadwal cut off data di aplikasi e-Ponsel Madrasah yang ditarget pada 31 Oktober 2020. Sehingga operator madrasah harus sigap, cepat, dan teliti dalam melakukan entri nomor telpon siswa.


Seperti artikel Ayo Madrasah sebelumnya, operator madrasah dapat melakukan entri nomor telpon siswa ke aplikasi e-Ponsel Madrasah dengan dua cara. Manual dan menggunakan template excel. Cara kedua pastinya lebih cepat ketimbang yang pertama.


Namun jika tidak memiliki data base siswa beserta nomor telponnya, bisa jadi tetap akan menyita waktu karena harus mengetik satu persatu.


Cara Cepat Isi e-Ponsel

Aplikasi e-Ponsel Madrasah sendiri merupakan aplikasi yang dibangun oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah guna melakukan verifikasi dan validasi nomor handphone siswa madrasah yang akan bantuan kuota data internet. Juga untuk pengelolaan pembayaran hingga pelaporan pemberian bantuan tersebut.


Baca: Cara Mengelola Bantuan Kuota Internet di e-Ponsel Madrasah


Cara Cepat Mengisi No Telpon di Aplikasi e-Ponsel Madrasah


Karena itu, trik pertama cara cepat mengisi nomor hape siswa ke aplikasi e-Ponsel Madrasah adalah melakukan copy paste dari data base yang dimiliki operator ke template e-Ponsel.


Data yang dibutuhkan meliputi nama siswa, NISN, kelas, nomor hape, dan provider dari masing-masing siswa.


Jika tidak memiliki data base bagaimana?


Bagi operator madrasah yang tidak memiliki data base, atau pun memiliki tetapi urutannya kurang rapi sehingga masih butuh kerja ekstra untuk mengisi template e-Ponsel Madrasah jangan khawatir. Operator dapat mengunduh beberapa template hasil isian dari situs Emis Madrasah.


Buka saja Emis Madrasah >> menu Template.


Tersedia sederetan template yang sekiranya bermanfaat. 


Beberapa template yang berguna antara lain:

  • Template Penunjang > Verval Ponsel (akan berisi nama siswa, kelas, NISN, no ponsel, dan provider, jika sebelumnya operator telah pernah mengunggahnya)
  • Template Siswa Aktif  > NIK, NISN dan NIS Lokal (berisikan nama dan NISN siswa, dll)
  • Template Siswa Aktif  > Tempat Tinggal (berisikan nomor ponsel siswa, dll)


Daftar Template Emis


Sehingga untuk mengisi nomor ponsel siswa secara cepat ke template aplikasi e-Ponsel, langkah-langkahnya adalah: 

  1. Unduh template e-Ponsel dari situs https://appmadrasah.kemenag.go.id/e-ponsel/dashboard/siswa 
  2. Unduh template Verval Ponsel atau template NIK, NISN dan NIS dan template Tempat Tinggal dari laman Emis Madrasah, http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/template
  3. Copy paste nama siswa dari template NIK, NISN dan NIS atau Tempat Tinggal ke kolom "Nama" template e-Ponsel
  4. Copy paste NISN Siswa dari template NIK, NISN dan NIS ke kolom "NISN" template e-Ponsel
  5. Copy paste Nomor Handphone siswa dari template Tempat Tinggal ke template e-Ponsel
  6. Lengkapi kolom Nomor, Kelas, dan Provider pada template e-Ponsel
  7. Simpan template e-Ponsel
  8. Upload template e-Ponsel di laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/e-ponsel/dashboard/siswa


Urutan siswa pada template-template tersebut sudah urut sehingga memudahkan ketika melakukan copas kolom-kolom yang dibutuhkan. Sehingga pekerjaan input nomor handphone siswa pun cepat terselesaikan sebelum batas cut off data yang ditentukan, 31 Oktober 2020.


Hal ini tentunya tergantung seberapa komplit isian data dalam Emis Madrasah. Cara cepat mengisi nomor telpon di aplikasi e-Ponsel Madrasah tetap tergantung pada kesiapan data yang telah dimiliki ataupun telah dientri di Emis Madrasah.


EmoticonEmoticon