1 Nov 2020

Tema dan Logo Hari Pahlawan 2020 CDR PNG JPG

Kementerian Sosial Republik Indonesia resmi merilis tema dan logo Hari Pahlawan Tahun 2020 (Harwan 2020). Logo Hari Pahlwan ini tersedia dalam format gambar vektor CDR, JPG, dan PNG.


Hari Pahlawan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Berdasar penelusuran Ayo Madrasah, Hari Pahlawan diperingati pertama kali pada tahun 1958. Menurut majalah ARSIP Edisi 64/Juli-Desember 2014 terbitan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), pada 10 November 1958, Presiden RI Soekarno menghadiri peringatan Hari Pahlawan di Bali.


Hari Pahlawan 2020

Namun secara resmi, penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan baru dilakukan pada 1959 melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.


Latar Belakang Hari Pahlawan


Hari ini untuk memperingati peristiwa Pertempuran Surabaya yang berlangsung pada tahun 1945. Saat itu, tentara dan rakyat Indonesia berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda. Bermula dari kedatangan Tentara Sekutu ke Surabaya yang dipimpin Jenderal Mallaby.


Pada 30 Oktober 1945 Jenderal Mallaby tewas akibat mobil yang ditumpanginya hangus terbakar. 


Terbunuhnya Mallaby membuat tentara Sekutu murka. Pada 9 November 1945 tentara Sekutu mengeluarkan ultimatum agar warga Surabaya menyerahkan semua senjatanya kepada tentara Sekutu.


Namun warga Surabaya menolak dan justru melakukan perlawanan. Pertempuran antara keduanya tak terelakkan. Pertempuran yang berlangsung hingga tiga minggu ini memakan ribuan korban jiwa dari pihak Indonesia.


Rentetan Pertempuran Surabaya ini kental dengan berbagai kisah heroik. Selain terbunuhnya Jenderal Mallaby, tercatat juga kisah penurunan bendera Belanda di Hotel Yamato yang kemudian diganti dengan bendera Merah Putih. Keluarnya Resolusi Jihad oleh para kiai NU pimpinan KH. Hasyim Asyari yang kemudian diperingati juga sebagai Hari Santri. Pun heroisme Sang Orator Bung Tomo.


Baca Juga: Kumpulan Bingkai FP Facebook Hari Pahlawan


Tema dan Logo Hari Pahlawan 2020


Pada peringatan di tahun 2020 ini, Kementerian Sosial RI telah merilis tema dan logo peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020.


Tema yang digunakan pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 ini adalah Pahlawanku Sepanjang Masa.


Sedangkan untuk logo Hari Pahlawan 2020 adalah sebagai beriikut.


Logo Hari Pahlawan 2020


Hampir serupa dengan logo Hari Pahlwan Tahun 2019, logo Hari Pahlawan 2020 membentuk gambar lingkaran penuh dengan warna merah, putih, dan hitam. Di bagian tengah lingkaran terdapat gambar siluet seorang pejuang yang memegang bambu runcing dengan bendera Merah Putih berkibar di ujungnya.


Di tepi lingkaran tertulis tema "Pahlawanku Sepanjang Masa" dan "Hari Pahlawan 2020".


Juga terdapat pita panjang berwarna merah putih yang melintangi lingkaran.


Baca Juga: Susunan Acara dan Doa Upacara Hari Pahlawan


Download Logo Hari Pahlawan 2020


Logo Hari Pahlawan Tahun 2020 dapat diunduh di laman kemsos.go.id.


Ayo Madrasah juga turut menyediakan link download bagi yang ingin mngunduh logo tersebut. Tersedia logo Hari Pahlawan dalam format vektor berupa file CDR dan gambar berformat PNG dan JPG.


Untuk mengunduhnya silakan KUNJUNGI DI SINI.


Semoga dengan logo Hari Pahlawan 2020 ini tidak hanya akan menyemarakkan peringatan Hari Pahlwan Tahun 2020 namun juga mengingatkan kita akan besarnya jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi tegaknya kemerdekaan Indonesia. Tidak kalah penttingnya, mampu menumbuh kembangkan jiwa-jiwa kepahlawan dari setiap kita.


EmoticonEmoticon