23 Des 2020

Jika Biodata Penerima BSU Berbeda dengan KTP

Kemarin, Admin Ayo Madrasah mendapat pertanyaan bagaimana jika biodata dalam Surat Keterangan Penerima BSU (S42a) berbeda dengan data dalam KTP. Biodata yang berbeda tersebut bisa saja NIK, nama, atau alamat guru yang tidak sama dalam Surat Keterangan (S42a), SPTJM (S42b), atau Surat Kuasa (S42c) dengan KTP.


Jika terdapat perbedan antara kedua dokumen tersebut, bisa jadi pihak bank akan menolak untuk melayani aktivasi rekening.


Hal ini bisa dimaklumi karena dalam proses pembuatan rekening pihak bank harus berpedoman pada dokumen yang resmi berlaku.


Baca Juga : Tata Cara dan Prosedur Pencairan BSG / BSU Guru Kemenag


Apa solusi bagi penerima Bantuan Subsidi Upah Guru Kemenag yang mengalami perbedaan biodata tersebut?


Jika Biodata Penerima BSU Berbeda dengan KTP

Dilansir dari pengumuman di laman Simpatika, bagi guru yang data pribadinya berbeda antara di dokumen S42 dengan data di KTP, dapat meminta surat keterangan ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing. Surat keterangan tersebut kemudian ikut dilampirkan sebagai persyaratan aktivasi rekening penerima BSU.


Baca Juga: Ini Syarat Pencairan BSU Guru Kemenag yang Diminta BRI


Surat Keterangan dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota tersebut menyatakan terdapat kesalahan atau perbedaan antara data pada rekening sebagai penerima bantuan Subsidi Upah dengan dokumen persyaratan aktivasi dari penerima bantuan maka yang diakui adalah data sesuai KTP asli yang bersangkutan.


Dalam surat keterangan tersebut juga dituliskan data sesuai dengan dokumen BSU dibandingkan dengan data sesuai dengan KTP yang berlaku.


Bagi guru yang mengalami perbedaan data ini, cukup datang ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota. Oleh pengawai Kemenag nantinya akan dibuatkan surat keterangan yang mana format suratnya telah di sedikan di laman Simpatika.


Adapun penampakan suratnya adalah sebagai berikut.

Surat Keterangan Beda Biodata

Format surat keterangan tersebut dapat juga diunduh di blog Ayo Madrasah ini dengan mengklik tombol di bawah.

Kiranya dengan solusi surat keterangan perbedaan data antara di dokumen BSU dengan data KTP ini dapat menjadi solusi bagi guru-guru penerima BSU yang terkendala saat melakukan aktivasi rekening BSU karena biodata penerima BSU berbeda dengan KTP.


EmoticonEmoticon