1 Mar 2021

Cara Registrasi Akun Emis untuk Kepala Madrasah

Tags

Emis baru telah dibuka. salah satu yang berbeda adalah adanya akun khusus untuk Kepala Madrasah atau Kepala Lembaga. Akun Emis untuk Kepala Madrasah ini belum aktif sehingga operator (atau istilahnya sekarang, Staf Lembaga) harus membantu proses registrasi atau mendaftarkan akun emis untuk Kamad ini.


Lalu bagaiman cara melakukan registrasi akun Emis untuk Kepala Lembaga atau Kepala Madrasah ini? Gampang kok, silakan ikuti langkah-langkah cara registrasi yang akan diuraikan oleh Ayo Madrasah.


Akun Kepala Madrasah ini nantinya memegang peranan yang penting dalam proses pemutakhiran data. Karena setiap perubahan yang dilakukan oleh Operator Emis (Staf Lembaga) harus diajukan untuk mendapatkan persetujuan dari Kepala Madrasah.


Baru setelah Kepala Madrasah menyetujui perubahan tersebut, perubahan baru diajukan oleh sistem ke admin tingkat Kabupaten/Kota.


Registrasi Akun Emis Kamad

Skema dan tahapan ajuan persetujuan ini dirancang sebagai bentuk pengawasan dan kontrol oleh Kepala Lembaga sebagai orang yang bertanggung jawab penuh terhadap lembaganya. termasuk dalam pemutakhiran data Emis.


Baca: Logo Baru Emis (Juara I Sayembara Rebranding Emis)


Langkah-Langkah Registrasi Akun Kamad di Emis


Langkah-langkah untuk melakukan registrasi akun Kepala lembaga atau Kamad di Emis cukup gampang dan cepat. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Operator Madrasah (Staf Lembaga) membuka laman Emis baru yang beralamat di https://emis.kemenag.go.id/ lalu klik tombol Login
  2. Masukkan username (email) dan password yang biasa digunakan untuk mengakses Emis
  3. Jika berhasil akan terbuka dasbord Emis
  4. Gulir ke bagian tengah, pada bagian yang memuat Identitas Lembaga, lalu cari tulisan "KODE REGISTRASI"
  5. Copy Kode registrasi yang tertera (biasanya terdiri atas kombinasi angka dan huruf)
  6. Logout dari Emis atau buka browser lainnya
  7. Buka kembali laman login Emis Baru seperti pada langkah pertama
  8. Masukkan "NIK Kepala Madrasah" pada kolom username dan masukkan "Kode Registrasi" pada kolom password
  9. Klik tombol Login
  10. Terbuka laman "Informasi User"
  11. Isikan Email Aktif Kamad (dan belum digunakan untuk login Emis) pada kolom Email
  12. Masukkan password yang diinginkan pada kolom Passsowd dan Ulangi Password
  13. Password yang diisikan harus terdiri atas sedikitnya 8 karakter yang memuat huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter simbol.
  14. Jika password dianggap layak oleh sistem maka akan muncuk keterangan "Password Strong" dan tombol "Selanjutnya" menjadi aktif. sebaliknya jika password tidak memenuhi ketentuan maka muncul keterangan berwarna merah dan tombol "Selanjutnya" tidak aktif.
  15. Muncul popup konfirmasi data, klik Ya
  16. Muncul popup pengiriman Kode Verifikasi melalui email
  17. Buka email Kamad yang tadi diisikan Pada langkah ke-11 di atas
  18. Cari email dari "Emis Notification". Jika tidak ditemuka di inbok (kotak masuk) email, silakan carai di kotak Spam Email
  19. Buka email, klik tombol "Verifikasi Email Sekarang" atau copy link copy paste pada browser
  20. Selamat, Akun Emis untuk Kamad telah aktif. Untuk selanjutnya kamad dapat login ke Emis dengan menggunakan email dan password yang didaftarkan tadi.

Dengan menggunakan akun Kepala lembaga tersebut, Kamad akan dapat melakukan konfirmasi dan persetujuan tas perubahan yang dilakukan oleh operator. Kepala Madrasah juga akan bisa ikut memantau status perubahan tersebut dalam pengajuan perubahan di tingkat yang lebih tinggi yaitu Kantor Kemenag kabupaten/Kota.

Jika Tidak Bisa Registrasi Akun Kepala Lembaga


Dalam beberapa kasus dijumpai madrasah tidak dapat melakukan registrasi akun Kepala Lembaga. Penyebabnya bisa berbagai macam.

Beberapa diantaranya adalah tidak munculnya kode registrasi di dashboard emis atau saat NIK dan Kode registrasi dimasukkan muncul notifikasi periksa kembali NIK dan Password. 

Beberapa madrasah juga melaporkan bahwa proses registrasi akun Kepala Lembaga sudah berhasil, sudah bisa login ke akun Kamad, namun ketika sudah melakukan logout (keluar) dan hendak login kembali tidak bisa.

Jika menemui kendala-kendala seperti tersebut di atas, silakan simak artikel berikut ini: Bagi Madrasah yang Bermasalah di Emis Baru


Cara registrasi akun Emis untuk Kepala Madrasah ini ayo madrasah tulis berdasarkan uji coba pada tanggal 1 Maret 2021. seiring berjalannya waktu, bisa saja langkah-langkah melakukan registrasi tersebut mengalami perubahan.

4 komentar

saya registrasi akun kamad kok gagal terus ya,,...?

Saya kok gak ada muncul di spam ya 😭😇

Saya tidak mendapatkan email Verifikasi
sudah saya cek di Spam maupun Kotak masuk tapi tidak ada email dari EMIS

dan Ketika di coba lagi web meminta untuk kirim ulang tapi di web tidak tersedia menu itu

mohon pencerahan dan solusi nya

kalau untuk Taman Pendidikan Quran (TPQ) Bagaimana cara mendaftar nya?


EmoticonEmoticon