11 Jan 2021

Logo Baru Emis (Juara I Sayembara Rebranding Emis)

Logo baru Emis akhirnya ditetapkan. Seiring dengan pengumuman hasil Sayembara Rebranding Emis oleh Ditjen Pendidikan Islam, Senin (11/01/2021) malam. Pengumuman ini menobatkan desain karya @sopwani81, pengajar di MTs N 12 Indramayu, sebagai juara I sehingga logo desainnya resmi menjadi logo baru Emis.


Sebagaimana disampaikan Ayo Madrasah sebelumnya, untuk melakukan rebranding pelayanan Emis, Kemenag menyelenggarakan sayembara desain nama dan logo Emis. Lomba desain logo yang dibuka dari tanggal 8 s.d 31 Desember 2020 ternyata mendapat antusiasme dari warga madrasah. Seribuan karya telah diterima oleh panitia lomba.


Setelah melewati penjurian yang ketat pada 9 Januari 2020 diumumkan 10 Finalis desain logo. Dari kesepuluh finalis tersebut sebanyak 6 finalis masih mengusung nama lama yakni Emis atau Educational Management Information System. Sedang empat lainnya mencoba menawarkan nama baru mulai dari NIZAM, IEMIS, dan SISPENDIKA.


Selepas pengumuman 10 finalis, malam ini, 11 Januari 2021 dilakukan pengumuman juara pertama Sayembara Rebranding Emis. Pengumuman ini disiarkan langsung melalui LiveIG @madrasahreform mulai pukul 19.30 WIB.


Inilah Logo Baru Emis


Akhirnya, desain logo karya @sopwani81, pengajar di MTs Negeri 12 Indramayu yang dinobatkan sebagai pemenang sayembara.


Desain logonya pun kemudian ditetapkan menjadi logo baru Emis.


Inilah logo baru Emis tersebut.


Logo Baru Emis

Sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari akun IG @sopwani81, logo baru Emis ini memiliki filosofi.


Pertama adalah filosofi Logogram. Diman huruf latin E jika dirotasi 90 derajat akan menjadi huruf arab 'wawu' memiliki makna wara'. Seorang yang wara' adalah orang yang meninggalkan yang meragukannya dan memilih yang yakin. Wawu juga merupakan salah satu huruf harf qasam yang biasa digunakan untuk mempertegas suatu ungkapan atau pendapat agar dapat diipercaya.


Masih menurut @sopwani81, huruf wawu juga bermakna Athof , yaitu bermakna dan (penghubung).


Dengan demikian bentuk logo huruf E yang mirif huruf wawu tersebut dijadikan sebagai pondasi logogram EMIS yang melambangkan sebuah keyakinan yang kuat untuk mengembangkan sistem aplikasi Emis yang lebih terpercaya keandalannya (realibility), meninggalkan kebiasaan lama serta dapat menjadi penghubung antara semua data pendidikan Islam.


Bentuk persegi berwarna kuning merupakan simbol data yang berada dalam kotak persegi yang lebih besar dengan warna hijau yang merupakan simbol data tunggal (data base) pendidikan Agama Islam.


Sedang makna logo huruf E didesain dengan kepala terbuka melambangkan keterbukaan. Huruf E juga memiliki konsep data tertulis mengenai data pendidikan yang ditulis / diinput secara elektronik (digital) dengan output chart Huruf E dalam bahasa Inggris Electronic bermakna digital. Awalan e awal huruf kecil digunakan sejak tahun 1994 oleh eWorld, layanan online Aplle.


Filosofi secara keseluruhan dari logo baru Emis adalah sebagaimana dalam grafis berikut.

Filosofi Logo Baru Emis

Demikianlah logo baru Emis beserta filosofinya.

1 komentar so far

apa ada logo EMIS baru format corel draw


EmoticonEmoticon