7 Mei 2021

Selamat Tinggal Emis Online dan Aplikasi Feeder Emis

Setelah sekian tahun, akhirnya operator madrasah harus mengucapkan selamat tinggal kepada Aplikasi Emis Online dan Aplikasi Feeder Emis. Karena seiring dengan dipergunakannya Emis 4.0 (Emis Baru), maka aplikasi Emis yang lama akan ditutup dan tidak dipergunakan kembali.


Sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari Surat Dirjen Pendis bernomor B-1344/DJ.I/HM.01/05/2021 tanggal 4 Mei 2021, Ditjen Pendis secara resmi akan menutup Aplikasi Emis Online dan Aplikasi Feeder Emis pada Senin, 10 Mei 2021, nanti.


Bahkan berdasarkan pemberitahuan terbaru yang Ayo Madrasah terima via pesan Whatsapp, mulai Jumat, 7 Mei 2021, per pukul 23.59 WIB, sudah akan dilakukan penutupan akses terhadap aplikasi Emis Lama, baik Emis Online maupun Feeder Emis. Penutupan yang lebih awal dari jadwal semula ini dilakukan guna keperluan migrasi data secara keseluruhan dari databse Emis Lama ke database Emis 4.0.


Selamat Tinggal Emis

Emis Baru atau Emis 4.0 dapat diakses melalui laman https://emis.kemenag.go.id/


Baca : Tutorial Emis 4.0 Melihat dan Mengubah Daftar dan Detail Siswa


Namun penutupan Emis Online yang beralamat di http://emispendis.kemenag.go.id, hanya berlaku bagi RA dan Madrasah. Sedang bagi lembaga pendidikan Islam lainnya (Pondok Pesantren. PK-PPS, PDF. SPM. MDT, LPO, Mahad Aly dan PTKI), Guru PAI dan Pengawas PAI masih menggunakan aplikasi EMIS lama.


Selama bersama dengan operator madrasah, kedua aplikasi data kependidikan milik Kementerian Agama ini tentu telah mewarnai suka dan duka para operator di seluruh dunia. 


Baca : Hal-Hal Penting Terkait dengan Pendataan di Emis 4.0


Aplikasi Feeder Emis sendiri tergolong baru. AFE ini resmi diluncurkan dan dipergunakan pada awal semester genap 2019/2020. AFE menjadi solusi yang ditawarkan untuk mengatasi kendala Emis Online yang kerap kali mengalami hambatan akses.


Kedepan, operator madrasah akan mulai menggeluti Emis Baru yang dilabeli sebagai Emis 4.0.


Meski harus diakui, selama beberapa bulan awal melakukan perkenalan dengan Emis 4.0, ternyata masih juga tidak semulus harapan dan impian. Masih saja terdengar keluhan operator atas kinerja, kecepatan akses, hingga kemudahan pengoperasian aplikasi ini.


Semoga dengan akan dilaksanakannya Bulan Data Pendidikan Islam, dimana RA dan Madrasah harus menggunakan aplikasi Emis 4.0, kendala-kendala yang pernah terjadi akan dapat terminimalisir. Sehingga impian operator untuk dapat melakukan pemutakhiran data dengan nyaman, mudah, dan cepat akan dapat terwujud. Dengan kenyamanan, kemudahan, dan kecepatan operator dalam mengoperasikan aplikasi Emis 4.0 akan sangat berpengaruh terhadap kelengkapan, akurasi, dan ketuntasan data yang terinput.


Selamat tinggal Emis Online dan Feeder Emis dan selamat datan Emis 4.0!


EmoticonEmoticon