20 Sep 2021

Cara Mengisi Aplikasi Pangkalan Data AKMI (PD AKMI) 2021

Terkait dengan penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, madrasah penyelenggara, selain melakukan pengisian data melalui laman Komponen II MEQR (appmadrasah), juga mengisi Aplikasi Pangkalan Data AKMI atau PD AKMI 2021.


Aplikasi Pangkalan Data Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia atau PD AKMI berisikan data terkait dengan data kelembagaan, Tim Madrasah (Proktor, Teknisi, dan Pengawas), Data Siswa, dan kelengkapan saranma prasarana dalam menyelenggarakan AKMI. Selain itu juga terdapat menu terkait pelaksanaan AKMI seperti server, sesi peserta, penugasan pengawas ruang, cetak kartu peserta, hingga absensi peserta AKMI 2021.

Car isi PD AKMI

Baca : Cara Pengisian Pendataan AKMI Tahun 2021


Aplikasi ini dapat diakses melalui laman https://pdakmi.kemenag.go.id/ dan akses login menggunakan NSM dan password sebagaimana akses ke laman Komponen II MEQR (https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/).


Selengkapnya terkait bagaimana cara melakukan pengisian data dan data apa saja yang harus diisi di laman Pangkalan Data AKMI, akan diuraikan di bawah ini.


Baca : Pakta Integritas & Surat Tugas Proktor, Teknisi, & Pengawas AKMI


1. Login dan Dashboard PD-AKMI


Untuk login ke laman PD AKMI 2021, langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka laman PD AKMI yang beralamat di https://pdakmi.kemenag.go.id/
  2. Masukkan NSM sebagai username. Jika sebelumnya belum pernah mengganti password pada laman appmadrasah, maka passwordnya akan sama dengan username, yaitu NSM. Tetapi jika sebelumnya sudah melakukan penggantian password di laman appmadrasah, gunakan password rubahan tersebut.
  3. Login berhasil lalu tampil lah halaman dashbord PD-AKMI.
Cara Isi PD AKMI 01

Laman PD-AKMI memiliki beberapa menu yang terdiri atas Dashboard, Tim Madrasah, Data Lembaga, Data Siswa, dan Cek Kelengkapan. Ditambah dengan menu Pelaksanaan AKMI yang terdiri atas Server, Sesi Peserta, Pengawas, Cetak Kartu, dan Cetak Absen. Terakhir terdapat menu Logout.

Dashboard PD AKMI


Ayo Madrasah mendapati menu profil tidak aktif dan menu untuk melakukan perubahan password tidak tersedia. Sehingga kalau mau melakukan pergantian password tampaknya harus melalui laman Komponen II MEQR (https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/).



2. Menu Tim Madrasah PD-AKMI

Menu Tim Madrasah adalah data tentang Tim Madrasah yang terdiri atas Proktor, Teknisi, dan Pengawas. Data ini sama seperti yang diisikan melalui laman Komponen II MEQR. Entah kenapa, data tersebut harus diisi ulang melalui laman ini. Untuk mengisinya cukup gampang, yaitu:
  • Buka menu "Tim Madrasah"
  • Klik tombol "Tambah" di pojok kanan atas
  • Terbuka jendela "Tambah Tim" isi kolom-kolom yang tersedia mulai dari NIP (jika ada), Nama, Email, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Jabatan dengan pilihan sebagai Proktor, Tekniksi, atau Pengawas
  • Jika sudah terisi semua, klik "Save Changes"
  • Jendela "Tim Madrasah" akan tertutup dan hasil isian tercatat di dashboard menu Tim Madrasah. Daftar Tim Madrasah dapat diedit ulang bahkan dihapus melalui menu ini juga.
  • Ulangi langkah-langkah di atas untuk kesemua Tim Madrasah yang terdiri atas Proktor, Teknisi, dan Pengawas terdata semua.
Menu Tim Madrasah PD-AKMI


Baca : Persamaan dan Perbedaan ANBK dan AKMI

3. Menu Data Lembaga PD-AKMI

Menu berikutnya adalah Data Lembaga.

Pada menu ini terdapat beberapa data yang harus diisi mulai dari moda pelaksanaan AKMI (Online atau Semi-Online), Status Pelaksanaan (Mandiri, Mandiri Ditumpangi, atau Menumpang), Jumlah Server yang dimiliki, Jumlah PC/Laptop Milik Madrasah, dan PC/Laptop bukan Milik Madrasah.

Sedang untuk data Identitas Madrasah (Nama Madrasah, NSM. dan NPSN) serta jumlah siswa akan terisi otomatis berdasarkan sinkron Emis. Jika terdapat perbedaan bisa melakukan ajuan perubahan data ke Tim Teknis Kabupaten/Kota.

Data Lembaga PD-AKMI


Jika data-data sudah terisi, sila klik Simpan.


4. Menu Data Siswa 


Pada menu Data Siswa PD-AKMI, madrasah tidak perlu melakukan pengisian secara manual. Cukup dengan melakukan sinkronisasi dengan Emis maka data siswa akan terinput secara otomatis. Dengan catatan, data siswa di Emis, terutama untuk siswa kelas 5 sudah terisi semua dan valid.


Untuk melakukan sinkronisasi data siswa caranya cukup mudah. Klik saja tombol "Sync Emis" di pojok kanan atas. Tunggu sistem melakukan sinronisasi beberapa saat. Setelah berhasil sinkron, maka data siswa akan tertampil di dashboar menu ini.

Menu Data Siswa PD-AKMI

Baca : Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Digelar Oktober 2021

5. Menu Cek Kelengkapan


Berisikan daftar nama calon peserta Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia dengan beberapa indikator yang meliputi NISN, Nama Siswa, Nomor Peserta, Periode, Ruang, dan Sesi.


Data dan indikator kelengkapan pada data di menu ini terkait dengan pengisian pada menu Pelaksanaan AKMI yang meliputi server, sesi peserta, penugasan pengawas ruang, cetak kartu peserta, hingga absensi peserta AKMI 2021.

Menu Cek Kelengkapan PD AKMI


6. Menu Pelaksanaan AKMI


Menu Pelaksanaan terdiri atas submenu server, sesi peserta, penugasan pengawas ruang, cetak kartu peserta, hingga absensi peserta AKMI 2021. Submenu Server untuk menambahkan server sesuai dengan yang dimiliki oleh madrasah. Apakah hanya satu server, atau lebih. Masing-masing server digunakan untuk ruang berapa saja

Submenu Server PD AKMI

Submenu Sesi Peserta digunakan untuk mengatur dan menentukan seorang peserta ikut AKMI pada periode (tanggal) berapa, ruang berapa, dan sesi ke berapa. Pilihan pada kolom ruang kan muncul setelah ruangan pada submenu Server diisi.


Setelah mengisi jangan lupa untuk mengklik Simpan.

Submenu Sesi Peserta AKMI


Submenu Pengawas akan terisi otomamatis setelah ruangan pada submenu Server diisi. Submenu ini berisikan kode pengawas, password, nama ruangan, dan NSM dan Nama Madrasah.


Submenu Cetak Kartu digunakan untuk mencetak kartu peserta AKMI. Agar bisa mencetak kartu sebelumnya harus sudah mengisi dulu submenu Sesi Peserta.


Submenu Cetak Absen digunakan untuk mencetak absensi peserta AKMI.


Demikianlah panduan dalam mengisi aplikasi PD AKMI (Pangkalan Data Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) Tahun 2021.

Add Comments


EmoticonEmoticon