14 Sep 2021

Cara Pengisian Pendataan AKMI Tahun 2021

Terkait persiapan penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tahun 2021, setiap Madrasah Ibtidaiyah yang ditetapkan menjadi pelaksana AKMI 2021, wajib untuk mengisi pendataan AKMI Tahun 2021. Pengisian pendataan ini terdiri atas dua bagian yaitu pengisian survei awal (Data Madrasah Peserta AKMI) dan pengisian Tim Madrasah (Biodata Peserta).


Kedua pendataan terkait persiapan pelaksanaan AKMI Tahun 2021 dapat dilakukan melalui laman Komponen II Madrasah Education Quality Reform Kemenag yang beralamat di appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi


Dalam artikel Ayo Madrasah kali ini, akan diuraikan bagaimana cara melakukan pengisian data untuk madrasah calon penyelenggara AKMI 2021. Baik mengisi Data Madrasah Peserta maupun mengisi Biodata Tim Madrasah.

Cara Pengisian Pendataan AKMI

Baca : Persamaan dan Perbedaan ANBK dan AKMI


Sebelumnya, silakan lakukan pengecekan apakah Madrasah Ibtidaiyah yang bersangkutan termasuk sebagai madrasah penyelenggara AKMI tahun ini atau bukan. Karena pada penyelenggaraan di tahun 2021 ini AKMI hanya akan dilaksanakan oleh 12.809 MI terpilih. Ini adalah sekitar 50% dari total MI se-Indonesia. Sisanya, akan menyelenggarakan AKMI di tahun 2022 bersamaan dengan jenjang MTs dan MA.


Untuk mengecek daftar madrasah penyelenggara AKMI 2021 sila buka artikel sebelumnya, AKMI 2021 Diikuti 50% MI Se-Indonesia, MTs dan MA Kapan? atau Edaran Pengisian Pendataan AKMI


Cara Pengisian Data Madrasah Peserta AKMI


Langkah pertama bagi madrasah yang tercantum dalam daftar penyelenggara AKMI 2021 adalah mengisi Data Madrasah Peserta AKMI atau Survei Awal.


Cara mengisi survei awal ini adalah sebagai berikut:

1. Buka laman Komponen II MEQR yang beralamat di https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/ lalu pilih "Data Madrasah Peserta AKMI"


2. Dapat juga langsung menuju laman login yang beralamat di https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/login/validitas


3. Setelah terbuka laman login silakan masukkan NSM masing-masing baik sebagai username maupun password

Pengisian Pendataan AKMI 01

4. Setelah berhasil login untuk yang pertama kali jangan lupa untuk melakukan perubahan password. Caranya dengan mengklik tombol "Akun Anda" atau menu "Perbaharui Akun" lalu masukkan password baru yang dikehendaki di kolom "Password"  dan "Konfirmasi Password" >> klik tombol Perbaharui Akun


5. Klik menu Profile Madrasah. Lengkapi data yang tersedia meliputi Jumlah siswa perjenis kelamin, dan lokasi madrasah berdasarkan titik kordinat.


6. Jawab beberapa pertanyaan survei yang meliputi:

  • Apakah madrasah Bapak/Ibu telah menggunakan website elearning yang dikembangkan oleh Kementerian Agama RI?
  • Berapa jumlah komputer yang tersedia di madrasah dan bisa digunakan dalam AKMI ?
  • Jika jumlah komputer atau akses internet tidak memadai, apakah madrasah akan meminjam fasilitas dari sekolah/madrasah lain?
  • Apakah moda asesmen yang dipilih madrasah ?


7. Jika sudah terisi semua, sila klik tombol "Simpan Data"

Pengisian Pendataan AKMI 02

8. Klik menu "Pendataan" >> "Pengawas" untuk menambahkan data yang ditugasi sebagai Pengawas Ruang AKMI 2021. Klik "Tambah Data" lalu isikan Nama, NIK, Email, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Ruang yang diawasi. Jika sudah klik "Simpan Data"

Pengisian Pendataan AKMI 03

9. Ulangi poin ke-8 tersebut jika ruang AKMI lebih dari satu.


10. Klik menu "Pendataan" >> "Proktor" untuk menambahkan guru yang ditugasi sebagai proktor AKMI. Klik "Tambah Data" lalu isikan Nama, NIK, Email, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Ruang yang diawasi. Jika sudah klik "Simpan Data"


11. Klik menu "Pendataan" >> "Teknisi" untuk menambahkan guru yang ditugasi sebagai teknisi AKMI. Klik "Tambah Data" lalu isikan Nama, NIK, Email, Tempat dan Tanggal Lahir, dan Ruang yang diawasi. Jika sudah klik "Simpan Data"


Pengisian Data Madrasah Peserta AKMI atau Survei Awal telah selesai


Selanjutnya proktor dan teknisi melakukan pengisian Data Peserta di laman Biodata Peserta.


Cara Pengisian Tim Madrasah (Biodata Peserta)


Setelah madrasah menetapkan Tim Madrasah yang terdiri atas proktor, teknisi, dan pengawas ruang AKMI, dan telah diisikan dalam "Data Madrasah Peserta AKMI" sebagaimana di ejlaskan di atas, Tim Madrasah melengkapi data "Biodata Peserta" di laman Komponen II MEQR.


Cara pengisian Biodata Peserta adalah sebagai berikut:


1. Buka laman Komponen II MEQR yang beralamat di https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/validasi/ lalu pilih "Biodata Peserta"


2. Dapat juga langsung menuju laman login yang beralamat di https://appmadrasah.kemenag.go.id/komponen2/event/


3. Terbuka laman Peserta Kegiatan:

  • Pilih "Tim MI Peserta AKMI 2021"
  • Masukkan email yang aktif di kolom email
  • Masukkan Nomor HP yang aktif di kolom Nomor HP
  • Klik tombol "Daftar Sebagai Peserta"

Pengisian Pendataan AKMI 04

4. Terbuka Dashboard Tim MI Peserta AKMI 2021, klik menu "Isi Biodata" atau tombol "Biodata"


5. Isi dan lengkapi kolom-kolom yang tersedia mulai dari data pribadi seperti NIK, Nama, NPWP, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Pendidikan Terakhir, Nama dan Nomor Rekening Bank, Data Madrasah, dan Jabatan dalam AKMI 2021.

Pengisian Pendataan AKMI 05

6, Jika sudah lengkap, klik tombol "Selanjutnya"


7. Muncul laman "Tahap 2 Tanda Tangan". Dengan menggunakan mouse atau touchpad laptop, gambar tanda tangan Anda di dalam kotak yang tersedia.


8. Klik "Ambil tanda Tangan"


9. Jika sudah, klik Tombol "Selanjutnya"

Pengisian Pendataan AKMI 06

10. Muncul "Tahap 3 Selesai". Cek ulang data yang terisi. Jika ada kesalahan silakan klik tombol "Sebelumnya" dan lakukan perubahan.


11. Klik "Cetak Biodata" untuk mencetak hasil isian


12. Klik menu "Unggah Dokumen". Unggah dokumen yang terdiri atas halaman pertama buku rekening, KTP, NPWP, pakta Integritas, dan Surat Tugas

Pengisian Pendataan AKMI 07

Baca : Pakta Integritas & Surat Tugas Proktor, Teknisi, & Pengawas AKMI

Ulangi langkah-langkah di atas untuk masing-masing mengisikan data proktor, teknisi, dan pengawas ruang AKMI 2021.


Cek dan pantau hasil verifikasi dengan cara masuk ke laman Biodata Peserta, sebagaimana langkah-langkah nomor 1 s.d 4 di atas, lalu klik menu "Hasil Verifikasi"


Itulah panduan lengkap cara pengisian Pendataan AKMI 2021 baik pengisian data madrasah penyelenggara maupun biodata Tim Madrasah yang meliputi proktor, teknisi, dan pengawas ruang AKMI.

1 komentar so far

Format pakta integritas nya min boleh dishare jika ada ?


EmoticonEmoticon