20 Mei 2022

Cara Konfirmasi dan Cetak BAP Emis Semester Genap 2021/2022

Cara melakukan konfirmasi dan cetak BAP EMIS untuk periode pendataan semester genap Tahun pelajaran 2021/2022. Konfirmasi dan cetak dan upload BAP Emis merupakan dua langkah terakhir dalam serangkaian kegiatan pemutakhiran data Emis Madrasah yang dilakukan oleh madrasah di setiap semesternya.


Pada masa pemutakhiran data Emis semester genap tahun pelajaran 2021/2022, sebagaimana surat edaran Ditjen Pendis Nomor nomor B-124/DJ.I/Set.I/PP.00.11/01/2022 dilaksanakan mulai 17 Januari sampai dengan 31 Mei 2022. Sehingga batas akhir untuk melakukan konfirmasi data serta cetak dan unggah BAP Emis adalah tanggal 31 Mei 2022.

Konfirmasi dan Cetak BAP Emis

Deadline konfirmasi dan cetak-unggah BAP Emis ini juga dimunculkan dalam jendela peringatan setiap kali login ke laman Emis. Tertulis dalam kotak peringatan tersebut salah satunya adalah, sesuai surat edaran nomor B-124/DJ.I/Set.I/PP.00.11/01/2022 masa pemutakhiran data berlangsung hingga 31 Mei 2022.


Selain melalui menu ini, perlu juga dilakukan pengecekan manual di masing-masing kelompok data untuk memastikan data telah benar dan valid.


Sebelum Melakukan Konfirmasi dan cetak BAP Emis


Sebelum melakukan konfirmasi data dan cetak BAP Emis pastikan semua data telah terinput dengan benar.


Operator lembaga login ke laman https://emis.kemenag.go.id/ dengan menggunakan akun operator yakni dengan menggunakan username NSM. Baca: Cara Login, Logout, Lupa Password, dan Ganti Password Emis 4.0


Monitoring kelengkapan dan kevalidan data dapat dilakukan melalui menu "Monitoring" yang terdapat di ujung bawah sidebar sebelah kiri. Terdapat submenu yang terdiri atas Data GTK, Data Siswa, Data Bantuan PJJ, Data KIP, dan Data sarpras.


Masing-masing data ditandai dengan kode warna yang meliputi warna Hijau (Data sudah lengkap dan akan dicek untuk proses konfirmasi), Merah (Data belum lengkap dan akan dicek untuk proses konfirmasi), Biru (Data sudah lengkap dan tidak dicek untuk proses konfirmasi), dan Cokelat (Data belum lengkap tidak dicek untuk proses konfirmasi).

Cara Konfirmasi Data Emis

Kepala Madrasah juga dapat ikut melakukan pengecekan dan monitoring data dengan menggunakan akunnya.


Cara Melakukan Konfirmasi Data


Konfirmasi data dilakukan melalui laman https://emis.kemenag.go.id/ dengan menggunakan akun operator madrasah.


Ingat, sebelum melakukan konfirmasi ini lakukan pengecekan data secara manual dan dengan melihat menu Monitoring terlebih dahulu.


Terdapat empat kelompok data yang harus dilakukan konfirmasi. Keempatnya meliputi data Kelembagaan, Data Siswa, Data GTK, dan Sarana Prasarana.


Langkah-langkah untuk melakukan konfirmasi data adalah sebagai berikut:

  1. Buka masing-masing submenu yang terdapat di menu Konfirmasi untuk melakukan konfirmasi.
  2. Pada masing-masing submenu tersebut akan ditampilkan ringkasan data. Silakan lakukan cek ulang untuk memastikan kelengkapan dan validitas data.
  3. Setelah yakin benar, klik dan centang di depan pernyataan "Saya (nama operator) bertanggung jawab penuh atas detail data (nama madrasah).
  4. Tombol "Konfirmasi Data" (di pojok kanan bawah) akan berubah warna dari abu-abu menjadi hijau
  5. Klik tombol "Konfirmasi Data"
  6. Muncul jendela peringatan "Apakah Anda yakin melakukan konfirmasi data (jenis data)?", klik Ya
  7. Muncul peringatan konfirmasi data berhasil, klik "Tutup"
  8. Jika berhasil maka pada bagian atas kiri akan muncul kotak hijau dengan tulisan "Data telah dikonfirmasi"
  9. Ulangi proses konfirmasi pada setiap dari keempat submenenu (Kelembagaan, Data Siswa, Data GTK, dan Sarana Prasarana) yang ada.
Cara Konfirmasi BAP Emis


Cara Cetak dan Unggah Berita Acara Emis


Setelah berhasil melakukan konfirmasi untuk semua submenu pada menu Konfirmasi, selanjutnya adalah melakukan cetak dan unggah Berita Acara Emis.


Cetak dan unggah berita acara Emis dilakukan oleh operator Emis menggunakan akun operator.

Untuk melakukannya masih di menu "Konfirmasi" dengan langkah-langah sebagai berikut:

  1. Klik menu Konfirmasi >> Berita Acara Pendataan
  2. Terbuka laman "Konfirmasi Berita Acara Pendataan"
  3. Klik tombol biru bertuliskan "Cetak BAP", jika masih berwarna cokelat berarti masih ada data yang belum dikonfirmasi.
  4. Akan terunduh dokumen PDF dengan judul "TANDA BUKTI UPDATING DATA EMIS SEMESTER Genap TAHUN PENDATAAN 2021/2022"

Setelah terunduh, cetak dokumen BAP tersebut. Kemudian mintakan tanda tangan dan stempel Kepala Madrasah.

Setelahnya, scan atau foto BAP Emis tersebut dalam format JPG, PNG, atau PDF dengan ukuran file maksimal 2 MB. 

Cara Cetak Unggah BAP Emis


Untuk mengunggah BAP Emis, lokasinya masih sama yaitu di menu "Konfirmasi", dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka menu Konfirmasi >> Berita Acara Pendataan
  2. Terbuka laman "Konfirmasi Berita Acara Pendataan"
  3. Klik kotak unggah dokumen (Upload BAP)
  4. Cari di mana file scan BAP Emis yang telah ditandatangani dan stempel Kepala Madrasah
  5. Jika berhasil akan tampil preview dan nama dokumen dan tombol "Upload BAP" menjadi biru
  6. Klik tombol "Upload BAP"
  7. Muncul peringatan "Apakah Anda yakin?", klik "Ya"
  8. Muncul peringatan berhasil unggah

Dan Berita Acara Pendataan Emis pun berhasil dilakukan. Sampai tahap ini berarti semua tahap pemutakhiran data Emis semester genap tahun Pelajaran 2021/2022 telah usai.


Itulah cara konfirmasi dan cetak BAP Emis Semester Genap 2021/2022 yang bisa dijadikan panduan bagi operator madrasah dalam melakukan konfirmasi serta cetak dan unggah BAP Emis.

Add Comments


EmoticonEmoticon