16 Mei 2022

Soal PAT Kelas 7 SMP/MTs Semua Mapel

Soal PAT Kelas 7 SMP/MTs semua mapel ini adalah kumpulan soal latihan Penilaian Akhir Tahun untuk semua mata pelajaran di Madrasah Tsanawiyah kelas 7. Baik soal PAT untuk rumpun mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab, maupun mapel umum.


Penilaian Akhir Tahun (PAT), sebelumnya disebut juga sebagai Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) merupakan salah satu penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan yang dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran. Dimana penilaian sendiri dapat digolongkan dalam tiga kelompok yaitu penilaian oleh pendidik, penilaian oleh satuan pendidikan, dan penilaian oleh pemerintah.

Soal PAT Kelas 7 MTs

Baca: Kapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau UKK 2022 Dilaksanakan?


Merujuk pada SK Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah, Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan penilaiannya meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester genap.


Karena merupakan penilaian oleh satuan pendidikan, maka PAT dipersiapkan dan dilaksanakan oleh pendidik dan madrasah masing-masing. Termasuk dalam penyusunan kisi-kisi soal, bentuk dan jenis penilaian, hingga soal tes yang digunakan.


Untuk itu, Ayo Madrasah mengunggah kumpulan soal latihan Penilaian Akhir Semester (PAT) untuk kelas 7 SMP dan MTs. 


Kumpulan soal ini memuat semua mata pelajaran yang umumnya diajarkan di Madrasah Tsanawiyah. Tentunya mulai dari  rumpun mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang meliputi Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab. Pun mata pelajaran umum lainnya di kelompok A yang meliputi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Bahasa Inggris.


Juga soal PAT untuk mata pelajaran Kelompok B yang meliputi Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan Prakarya.


Baca: Struktur Kurikulum MTs Sesuai KMA 184 Tahun 2019


Unduh Soal PAT Kelas 7 SMP/MTs


Kumpulan soal Penilaian Akhir Semester (PAT) untuk kelas 7 Madrasah Tsanawiyah ini disusun dan dibagikan dalam format Microsoft Word. Harapannya, soal dapat diedit dan dimodifikasi sesuai kondisi madrasah dan siswa.


Tersedia contoh soal latihan PAT untuk mata pelajaran:

  • Soal PAT Quran Hadis MTs Kelas 7
  • Soal PAT Akidah Akhlak MTs Kelas 7
  • Soal PAT Fikih MTs Kelas 7
  • Soal PAT Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs Kelas 7
  • Soal PAT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) MTs Kelas 7
  • Soal PAT Bahasa Indonesia MTs Kelas 7
  • Soal PAT Matematika MTs Kelas 7
  • Soal PAT Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) MTs Kelas 7
  • Soal PAT Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MTs Kelas 7
  • Soal PAT Bahasa Inggris MTs Kelas 7
  • Soal PAT Seni Budaya MTs Kelas 7
  • Soal PAT Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan MTs Kelas 7
  • Soal PAT Prakarya MTs Kelas 7


Baca: KI KD PAI dan Bahasa Arab MTs Sesuai KMA 183 Tahun 2019 (Word)


Untuk mengunduh soal PAT tersebut, sila gunakan tombol download di bawah ini. Setelah terbuka daftar file, sila pilih dan unduh mata pelajaran yang diinginkan.


Selain sebagai referensi bagi guru untuk membuat soal PAT, kumpulan soal PAT Kelas 7 SMP/MTs ini juga bisa digunakan oleh siswa-siswi kelas 7 dalam berlatih dan mempersiapkan diri menghadapi Penilaian Akhir Tahun yang tinggal sesaat lagi diselenggarakan.

Add Comments


EmoticonEmoticon