4 Mei 2022

Kapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau UKK 2022 Dilaksanakan?

Kapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Semester Genap tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan? Bagi sebagian siswa dan wali murid madrasah pasti mempertanyakan kapan PAT dan UKK ini akan diselenggarakan. Bahkan guru madrasah pun, tidak sedikit yang belum tahu tanggal pastinya.


Sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Ibtidaiyah, Penilaian Kenaikan Kelas atau PAT, dulu disebut sebagai Ulangan Kenaikan Kelas (UKK), adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester genap.

Kapan Pelaksanaan PAT

Pengertian serupa Ayo Madrasah dapatkan dari SK Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah dan SK Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Aliyah. Dalam kedua regulasi tersebut disebutkan bahwa Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester genap.


Merujuk pada pengertian di atas, waktu pelaksanaan PAT tentunya di akhir semester genap atau di akhir tahun pelajaran. 


Namun kapan waktu dan tanggal pasti penyelenggaraan PAT di Tahun Pelajaran 2021/2022 ini?


Penilaian Akhir Tahun merupakan penilaian yang dilakukan oleh satuan pendidikan. Selain melaksanakan PAT, satuan pendidikan juga menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Ujian Madrasah. Sehingga segala hal terkait pelaksanaan PAS, PAT, dan Ujian Madrasah dilakukan oleh madrasah, termasuk dalam menentukan kapan waktu penyelenggaraan PAT.


Meski menjadi kewenangan setiap madrasah, penyelenggaraannya harus mengacu kepada Kalender Pendidikan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan pada awal tahun pelajaran. Dimana dalam menetapkan kalender pendidikan ini, setiap madrasah harus tetap mengacu kepada kalender pendidikan madrasah yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pendis Kemenag dan Keputusan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi masing-masing.


Jika merujuk pada Kalender Pendidikan Madrasah 2021/2022 Dirjen Pendis berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 1836 Tahun 2021, waktu penyelenggaraan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dilaksanakan pada rentang waktu antara tanggal 30 Mei sampai 11 Juni 2022.


Tanggal yang sama, Ayo Madrasah jumpai pada Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Madrasah Jawa Tengah 2021/2022 (SK Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor 672 Tahun 2021).

waktu Pelaksanaan PAT

Untuk provinsi-provinsi lainnya pun tentu tidak akan berbeda jauh dengan SK Dirjen Pendis Tentang Kaldik Madrasah 2021/2022 di atas.


Baca Juga:


Sehingga menjawab pertanyaan kapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau UKK 2022 akan dilaksanakan, jawabnya adalah pada rentang tanggal 30 Mei hingga 11 Juni 2022.


Untuk tanggal pasti dan jadwal pelaksanaan PAT per-mapelnya tentu siswa maupun wali siswa madrasah dapat menanyakan langsung kepada pihak madrasah.

Add Comments


EmoticonEmoticon