18 Apr 2023

Dibuka, Pendaftaran PPG Daljab Guru Madrasah 2023

Kemenag akhirnya membuka kembali pendaftaran PPG Dalam Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun 2023. Kepastian dibukanya pendaftaran PPG ini Ayo Madrasah dapatkan melalui surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-16.1/DJ.I/Dt.I.II/04/2023 yang dirilis baru-baru ini.


Dalam surat dengan perihal Pembukaan Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah Tahun 2023 ini disampaikan bahwa Dirjen Pendis Kemenag melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah membuka kembali pendaftaran program PPG Dalam Jabatan bagi guru madrasah di tahun 2023. Tentu terdapat berbagai syarat yang harus dipenuhi agar seorang guru madrasah dapat mendaftar sebagai peserta PPG 2023 ini.


Pendaftaran PPG Daljab 2023

Baca: Jadwal PPG Daljab Kemenag Batch 1

PPG atau Pendidikan Profesi Guru adalah program pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru dalam bidang keilmuan dan pedagogik.  PPG menjadi program pendidikan untuk mendapatkan Sertifikat Pendidik. Kementerian Agama menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan bagi guru-guru yang mengajar di RA dan madrasah.


Baca; Pedoman PPG Dalam Jabatan Kemenag


Kembali ke surat Dirjen Pendis tentang pendaftaran PPG Dalam Jabatan, disebutkan bahwa pendaftaran program PPG Dalam Jabatan bagi guru madrasah akan diselenggarakan bagi guru yang telah memenuhi syarat. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, masih menurut surat edaran tersebut antara lain:

  • Bertugas sebagai guru dengan satminkal Madrasah dan terdaftar aktif di Simpatika
  • Memiliki ijazah S1/D4 linier dengan mapel PPG yang diajukan
  • Memiliki NUPTK dan/atau NPK
  • Memiliki TMT mengajar (SK Pengangkatan) maksimal sampai dengan 31 Desember 2015, untuk PPG Daljab Kategori I
  • Memiliki TMT mengajar (SK Pengangkatan) mulai 1 Januari 2016 sampai dengan 31 Desember 2020 untuk PPG Daljab Kategori II
  • Berusia maksimal 58 Tahun saat mendaftar
  • Lulusan Seleksi Akademik/Pretest pada: (1) Seleksi Akademik Tahun 2018, atau (2) Seleksi Akademik Tahun 2019, atau (3) Seleksi Akademik MA Unggulan Tahun 2021, atau (4) Seleksi Akademik Tahun 2022, atau (5) Seleksi Akademik Tahun 2023.

Guru RA dan madrasah yang memenuhi persyaratan sebagaimana di atas disilakan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta PPG Dalam Jabatan.

Adapun pendaftaran akan dibuka pada tanggal 26 sampai dengan 30 April 2023. Pendaftaran ini dilakukan secara mandiri melalui laman Simpatika akun individu masing-masing guru.

Hal lain yang disampaikan dalam surat edaran tersebut diantaranya adalah sewaktu pendaftaran PPG Daljab, guru harus menandatangani Pakta Integritas. Pakta Integritas ini salah satunya menyatakan kewajiban calon peserta untuk mengikuti PPG sampai tuntas dengan komitmen dan daya juang tinggi guna meraih kelulusan.


Adapun kandidat calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 akan dipilih berdasarkan regulasi yang berlaku.

Lebih lengkap dan mendetail terkait surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-16.1/DJ.I/Dt.I.II/04/2023 tentang Pembukaan Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah Tahun 2023, sila unduh dan baca melalui tombol download di bawah.


Akhirnya, bagi guru RA dan madrasah yang memenuhi persyaratan, terutama yang telah lulus USKA PPG 2023, dan tahun-tahun sebelumnya, sila untuk segera mempersiapkan diri dan mendaftarkan diri sebagai peserta PPG Daljab Tahun 2023. Ingat, pendaftaran hanya dibuka dari tanggal 26 sampai 30 April 2023.

Add Comments


EmoticonEmoticon