7 Mei 2023

PPG Angkatan I Akan Diikuti 6.300 Guru Madrasah Secara Daring

PPG angkatan I tahun 2023 bagi guru madrasah akan diikuti oleh 6.300 guru madrasah. Pendidikan Profesi Guru (PPG) angkatan I ini sudah akan digelar mulai 15 Mei mendatang dan diselenggarakan secara daring (online).


PPG ini sebagaimana Jadwal PPG Daljab Kemenag Batch 1 yang telah disampaikan, akan digelar selama 4 bulan yakni mulai 15 Mei hingga 10 September 2023.


PPG Angkatan I Akan Diikuti 6.300 Guru

Waktu pelaksanaan PPG angkatan I ini ditegaskan ulang oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Zain di Surabaya, Kamis (4/5/2023).


"Insya Allah angkatan pertama PPG guru madrasah dimulai 15 Mei sampai 10 September 2023. Ada 6.300 guru madrasah yang akan mengikutinya," jelasnya sebagaimana dikutip Ayo Madrasah dari laman kemenag.go.id.



Masih menurut M Zain, Dari jumlah guru yang mengikuti PPG angkatan I tersebut, 5.200 diantaranya adalah guru mata pelajaran agama. Sedang sisanya, 1.100, adalah guru madrasah yang mengampu mata pelajaran umum. Baca: Kuota dan Jadwal PPG Daljab Guru Madrasah Mapel Umum 2023


PPG untuk mata pelajaran agama akan diselenggarakan di 36 PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). Sementara PPG mata pelajaran umum akan berlangsung di enam PTU (perguruan tinggi umum) yang meliputi Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Negeri Surabaya. selain itu juga di Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, dan Universitas PGRI Semarang.


PPG guru madrasah angkatan I tahun 2023 ini akan dilaksanakan secara daring (online).


Sementara itu, menurut Subkoordinator Bina Guru MI dan MTs, Mustofa Fahmi, berdasarkan data Simpatika per 2 Mei 2023, jumlah guru madrasah yang telah mengupload pakta integritas sebanyak 44.373 orang, terdiri atas 9.620 guru ASN dan 34.753 guru non ASN.


"Dari total yang sudah mengupload pakta integritas, telah selesai dilakukan plotting by system. Saat ini guru madrasah yang sudah mendapatkan kuota, secara mandiri dan responsif, diharapkan mempersiapkan diri semaksimal mungkin dan jangan sampai ada yang mengundurkan diri. Jika ada guru yang mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas, berkonsekuensi tidak bisa ikut PPG di tahun berikutnya,” tegasnya.


Sedang bagi guru yang belum masuk dalam kuota pada PPG angkatan I tahun 2023 ini, diimbau tetap semangat dan optimis. Sebab, kesempatan memperoleh kuota pada angkatan berikutnya tetap terbuka.

Add Comments


EmoticonEmoticon