7 Feb 2024

POS Asesmen Madrasah Tahun 2024

Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah atau POS AM Tahun Pelajaran 2023/2024 akhirnya resmi dirilis Kemenag. Regulasi inilah yang kemudian menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun 2024,


Regulasi ini berupa Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 723 Tahun 2024 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.


Siswa tingkat terakhir di setiap jenjang madrasah, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan akan mengikuti Asesmen Madrasah di tahun ini. 


POS Asesmen Madrasah 2024

Asesmen Madrasah, sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari POS AM 2024, adalah asesmen yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan madrasah, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.


Bentuk Asesmen dalam Asesmen Madrasah, masih menurut POS Asesmen Madrasah 2024, dapat berupa tes tertulis, praktik, portofolio, penugasan, maupun bentuk asesmen lain yang ditetapkan madrasah. Bentuk soal asesmen tertulis dapat berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, benar-salah, setuju-tidak setuju, menjodohkan, isian, atau uraian.


Persiapan penyelenggaraan Asesmen Madrasah, mulai dari penyusunan kisi-kisi soal, penyusunan soal, hingga penggandaan soal dilakukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara.


Demikian juga dalam pelaksanaannya, dimana madrasah penyelenggara dapat memilih melaksanakan Asesmen Madrasah dengan moda Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK), Asesmen Madrasah Berbasis Kertas (AMK) ataupun bentuk lainnya.


Adapun terkait waktu penyelenggaraan Asesmen Madrasah, POS Asesmen Madrasah Tahun 2023/2024 memberikan rambu-rambu terkait rentang waktu penyelenggaraan.


Rentang waktu pelaksanaan AM tersebut adalah:

  • Rentang waktu asesmen jenjang MA: 4-30 Maret 2024
  • Rentang waktu asesmen jenjang MTs: 22 April - 11 Mei 2024
  • Rentang waktu asesmen jenjang MI: 29 April - 18 Mei 2024


Baca Juga:


Download POS Asesmen Madrasah 2024


Ketentuan lainnya secara lebih lengkap tentu diatur dalam Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.


Untuk itu, agar lebih memahami penyelenggaraan asesmen ini sila pelajari dan unduh POS Asesmen Madrasah 2024 melalui tombol di bawah.


Setiap madrasah tentunya harus memahami dan menjadikan POS Asesmen Madrasah Tahun 2024 ini sebagai acuan dan pedoman dalam penyelenggaraan AM di madrasah masing-masing.

Add Comments


EmoticonEmoticon