3 Feb 2024

Kisi-kisi Asesmen Madrasah Jenjang MI 2024 (PAI dan Bahasa Arab)

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, melalui Direktorat KSKK Madrasah telah merilis kisi-kisi Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab. Salah satunya adalah Kisi-kisi Asesmen Madrasah jenjang Madrasah Ibtidaiyah.


File Kisi-kisi AM Madrasah Ibtidaiyah dapat diunduh gratis di bagian akhir artikel ini.


Kisi-kisi Asesmen Madrasah Ibtidaiyah

Sebagaimana disebutkan dalam surat pengantarnya, Direktorat KSKK Madrasah menyampaikan bahwa penyiapan Kisi-Kisi Asesmen Madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab senbagai bentuk usaha meningkatkan kualitas penyelenggaraan Asesmen Sumatif pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024.


Kisi-kisi tersebut, sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari isi surat pengantar, diharapkan menjadi pedoman guru dalam menyusun naskah soal AM mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK.


Baca: POS Asesmen Madrasah Tahun 2024


Kisi-kisi Asesmen Madrasah ini tersedia untuk semua jenjang madrasah. Namun dalam artikel kali ini, Ayo Madrasah hanya akan membagikan kisi-kisi Asesmen Madrasah untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah saja.


Sedang untuk jenjang lainnya, dibagikan dalam artikel tersendiri.


Baca: Kisi-kisi Asesmen Madrasah MTs Tahun 2024 Mapel PAI & Bahasa Arab


Kisi-kisi Asesmen Madrasah 2024 Jenjang MI


Kisi-kisi Asesmen Madrasah Tahun 2024 jenjang Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas kisi-kisi untuk mata pelajaran, antara lain:

  1. Al-Quran Hadis 
  2. Akidah Akhlak 
  3. Fikih 
  4. Sejarah Kebudayaan Islam 
  5. Bahasa Arab 


Kisi-kisi untuk semua mata pelajaran di Madrasah Ibtidaiyah tersebut disusun berdasarkan Kurikulum 2013 (KMA 183 Tahun 2019)


Baca: Kisi-kisi Asesmen Madrasah 2024 Madrasah Aliyah (PAI & Bahasa Arab)


Download Kisi-kisi Asesmen Madrasah 2024 Madrasah Ibtidaiyah


Bagi Madrasah Ibtidaiyah, guru PAI dan Bahasa Arab, silakan untuk mengunduh file kisi-kisi Asesmen Madrasah mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah dengan mengeklik tombol download di bawah.



Semoga kisi-kisi Asesmen Madrasah jenjang MI Tahun 2024 ini bermanfaat.

Add Comments


EmoticonEmoticon