17 Jul 2020

Unduh Buku Akidah Akhlak MTs Kelas 7 8 9 (KMA 183 2019)

Buku teks pelajaran Akidah Akhlak untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas 7, 8, dan 9, tersedia dan siap diunduh. Buku yang disusun oleh Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kementerian Agama ini merupakan buku untuk pembelajaran mapel Akidah Akhlak sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.

Buku teks pelajaran Akidah Akhlak MTs sebelumnya, masih didasarkan pada KMA Nomor 165 Tahun 2014. Tapi seiring berlakunya KMA 183 Tahun 2019 maka materi-materi pembelajaran pun berubah, sehingga buku baru pun harus digunakan.

Buku Akidah Akhlak MTs

Buku Akidah Akhlak terbaru ini jelas harus disesuaikan dengan perubahan SKL, KI, dan KD mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab sebagaimana tercantum dalam regulasi terbaru. Baca: Daftar KI dan KD mapel PAI dan Bahasa Arab MTs sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019.

Buku Siswa Akidah Akhlak ini, dibagikan secara gratis oleh Direktorat KSKK Madrasah dalam format digital, berekstensi pdf. Siswa maupun guru Madrasah Tsanawiyah dapat mengunduhnya secara gratis.

Untuk memberikan alternatif sekaligus mempermudah dalam mendapatkan buku digital Akidah Akhlak untuk MTs sesuai KMA Nomor 183 tahun 2019, Ayo Madrasah menyediakan mirror link download.

Mata pelajaran Akidah Akhlak sendiri merupakan bagian dari rumpun mapel PAI. Untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah, Akidah Akhlak diajarkan mulai dari kelas VII, VIII,  hingga IX dengan alokasi belajar sebanyak dua jam tatap muka perpekan.

Baca : Download Buku Akidah Akhlak 2019 MI (Semua Kelas)

Buku Akidah Akhlak Kelas 7 MTs


Buku Akidah Akhlak Kelas 7 MTs

Sesuai dengan daftar kompetensi (SKL, KI, dan KD) yang harus dipenuhi pada tingkat kelas 7 Madrasah Tsanawiyah, maka materi-materi pada buku Akidah Akhlak ini pun disusun sedemikian rupa. Materi tersebut dikelompokkan dalam 10 bab yang meliputi:

  • Bab I : Akidah Islam, dengan pembahasan mengenai Pengertian Aqidah Islam, Dasar-Dasar Akidah Islam, Tujuan Mempelajari Akidah Islam, Pengertian Iman, Islam dan Ihsan, dan Hubungan Pengertian Iman, Islam dan Ihsan
  • Bab II : Sifat-Sifat Allah Swt., dengan pembahasan tentang Pengertian Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Bagi Allah Swt., Nama-Nama Sifat-Sifat Allah Swt., Bukti/Dalil Kebenaran Sifat-Sifat Allah Swt., dan Ciri-Ciri Orang Yang Beriman Terhadap Sifat-Sifat Allah Swt.
  • Bab III : Tobat, Taat, Istiqamah, dan Ikhlas
  • Bab IV : Adab Sholat dan Berdzikir, yang membahas terkait Pengertian Shalat dan Zikir, Adab Shalat dan Berdzikir, dan Hikmah Shalat dan Berdzikir.
  • Bab V : Keteladanan Nabi Sulaiman As.
  • Bab VI : Asmaul Husna, dengan pembahasan lebih lanjut mengenai Pengertian Asmaul Husna, Memahami Kebesaran Allah SWT melalui Asmaul Husna, dan Perilaku Orang Yang Mengamalkan 10 Asma’ul Husna
  • Bab VII : Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah dan Makhluk Ghaib Selain Malaikat, yang menjelaskan terkait Pengertian Iman Kepada Malaikat dan Makhluk Ghaib Lainnya seperti Jin, Iblis dan Setan, Dalil Tentang Malaikat, Jin, Iblis dan Syetan, Tugas dan Sifat-sifat Malaikat Allah Swt. dan Makhluk Ghaib Lainnya, dan Hikmah beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya
  • Bab VIII : Akhlak Tercela Kepada Allah Swt. (Riya’ dan Nifaq)
  • Bab IX : Adab Membaca Al Qur’an dan Berdo’a
  • Bab X : Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim As.

Buku Akidah Akhlak bagi siswa kelas 7 yang memiliki tebal 2019 halaman ini dapat diunduh gratis melalui mirror link download di bagian akhir artikel ini.

Buku Akidah Akhlak Kelas 8 MTs


Buku Akidah Akhlak Kelas 8 MTs

Dalam buku Akidah Akhlak kelas 8 Madrasah Tsanawiyah ini siswa akan diajak untuk mempelajari berbagai hal yang meliputi:

  • Bab I Al Qur’an dan Keistimewaannya, dengan bahasan mendetai terkait Sejarah turunnya Al-Qur’an, Pengertian dan Hakikat Al-Qur’an, Bukti tentang Kebenaran Al-Qur’an, Isi Pokok Kandungan Al-Qur’an, Keistimewaan Al-Qur’an sebagai Mukjizat, dan Hikmah diturunkannya Al-Qur’an.
  • Bab II Mukjizat dan Kejadian Luar Biasa Lainnya, dengan pembahasan tentang Pengertian Mukjizat, Karomah, Irhas, Maunah, Dalil Naqli Dan Contoh Kebenaran Mukjizat, Karomah, Irhas Dan Maunah, dan Hikmah Adanya Mukjizat, Karomah, Irhas, Dan Maunah
  • Bab III Membiasakan Akhlak Terpuji Ikhtiar, Tawakkal, Sabar, Syukur, dan Qona’ah
  • Bab IV Menghindari Akhlak Tercela Ananiyah, Putus Asa, Ghadab, dan Tamak
  • Bab V Adab Seorang Muslim Terhadap Orang Tua dan Guru
  • Bab VI Keteladanan Nabi Musa As
  • Bab VII Keteladanan Rasul Ulul Azmi
  • Bab VIII Akhlak Terpuji Husnuzzan, Tawaddu’, Tasamuh, Dan Ta’awun
  • Bab IX Akhlak Tercela Hasad, Dendam, Ghibah , Fitnah dan Namimah
  • Bab X Adab Bersosial Media
  • Bab XI Keteladanan Sahabat Abu Bakar

Buku Akidah Akhlak bagi kelas 8 MTs berdasarkan KMA 183 Tahun 2019 siap diunduh gratis melalui tautan yang tersedia di akhir artikel.

Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs


Buku Akidah Akhlak Kelas 9 MTs

Buku akidah Akhlak untuk tingkat akhir, kelas 9, Madrasah Tsanawiyah ini berisikan materi-materi yang tersusun dalam delapan bab. Kedelapan bab tersebut meliputi:

  • BAB 1 : Iman Kepada Hari Akhir, dengan pembahasan lebih lanjut mengenai Pengertian Beriman kepada Hari Akhir, Dalil Beriman kepada Hari Akhir, Macam-Macam Alam Gaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir, Tanda-Tanda Adanya Hari Akhir, dan Perilaku Beriman kepada Hari Akhir
  • BAB 2 : Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri, yang meliputi Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Produktif, dan Inovatif
  • BAB 3 : Adab Kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, yang meliputi pembahasan terkait Dalil Perintah Beradab kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, Bentuk/ Ciri-Ciri Adab Islami kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, Cara-cara Membiasakan Diri Beradab Islami kepada Saudara, Teman,
  • dan Tetangga, Contoh Adab Islami kepada Saudara, Teman, dan Tetangga, dan Hikmah Beradab Islami kepada Saudara, Teman, dan Tetangga.
  • BAB 4 : Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a., yang meliputi Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab, Kisah Keteladanan Sayyidah Aisyah r.a, Cara-cara meneladani Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a., Hikmah meneladani Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a., dan Perilaku yang Sesuai Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a.
  • BAB 5 : Qadha’ dan Qadar, meliputi pembahasan tentang Pengertian Qadha’ dan Qadar, Dalil tentang Qadha’ dan Qadar, Macam-Macam Qadha dan Qadar (Takdir), Contoh-Contoh Qadha’ dan Qadar dalam Fenomena Kehidupan, dan Perilaku yang Mencerminkan Beriman kepada Qadha’ dan Qadar
  • BAB 6 : Menghindari Perilaku Menyimpang dalam Pergaulan Remaja, dengan pembahasan tentang Pengertian dan Ciri-Ciri Remaja, Adab Pergaulan Remaja Menurut Islam, Contoh-Contoh Perilaku Menyimpang yang Harus Dihindari, Dampak Negatif Perilaku Menyimpang dalam Pergaulan Remaja, dan Hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
  • BAB 7 : Adab Berjalan, Berpakaian, Makan dan Minum, dengan bahasan mengenai Pentingnya Menjaga Adab Berjalan, Berpakaian, Makan dan Minum, Dalil Perintah Menjaga Adab Berjalan, Berpakaian, Makan dan Minum, Adab Berjalan Menurut Islam, Adab Berpakaian Menurut Islam, Adab Makan dan Minum Menurut Islam. dan Hikmah beradab islami terhadap lingkungan (hewan dan tumbuhan)
  • BAB 8 : Kisah Keteladanan Sahabat Usman Bin Affan r.a. dan Sahabat Ali Bin Abi Thalib karamallahu wajhah

Para siswa kelas 9 Madrasah Tsanawiyah dapat mengunduh buku Akidah Akhlak ini dalam format pdf melalui tautan di bagian bawah.

Unduh Buku Akidah Akhlak MTs Sesuai KMA No. 183 Tahun 2019


Buku Akidah Akhlak untuk kelas 7, 8, dan 9 MTs ini dibagikan dan dapat diunduh secara gratis di situs Direktorat KSKK Madrasah. Tentu dengan tujuan agar setiap siswa dapat mengakses dan memanfaatkannya sebagai buku teks pelajaran Akidah Akhlak.

Buku yang sama dapat diunduh melalui mirror link berikut
(Setelah terbuka daftarnya, sila unduh sesuai kelas yang diinginkan)

UPDATE:
  • Daftar telah diupdate dengan buku PAI dan Bahasa Arab edisi resmi (bukan uji coba lagi)

Baca Juga:

Dengan adanya mirror link download ini semoga semakin mempermudah siswa dan guru madrasah dalam mengunduh buku Akidah Akhlak MTs Kelas 7, 8, dan 9 terbaru sesuai KMA 183 2019.

Add Comments


EmoticonEmoticon