17 Jul 2020

Unduh Buku Fikih MTs Kelas 7 8 9 (KMA 183 2019)

Unduh Buku Fikih untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas 7, 8, dan 9 terbaru. Terbaru karena buku Fikih MTs ini disusun berdasarkan SKL, KI, dan KD dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.

Sebagaimana diberitakan Ayo Madrasah sebelumnya, mulai tahun pelajaran 2020/2021 ini pembelajaran mata pelajaran Al Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab menggunakan KMA 183 Tahun 2019. KMA ini menggantikan regulasi sebelumnya, KMA Nomor 165 Tahun 2014.

Buku Fikih MTs 2019

Sehingga buku teks pelajaran Fikih di jenjang Madrasah Tsanawiyah pun harus berganti dan disesuaikan dengan isi KMA tersebut. Karena isi buku tentu harus menyesuaikan dengan daftar KI dan KD mapel PAI dan Bahasa Arab MTs sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019.

Untungnya Direktorat KSKK Madrasah Kemenag telah menerbitkan buku-buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab, termasuk untuk mata pelajaran Fikih Kelas 7, 8, dan 9 Madrasah Tsanawiyah.

Buku teks pelajaran Fikih untuk jenjang MTs ini tersedia juga dalam format digital, yakni pdf. Buku dapat diunduh secara gratis di situs Direktorat KSKK Madrasah.

Untuk mempermudah para siswa, guru, dan pihak-pihak lainnya dalam mendapatkan buku digital mapel Fikih ini, Ayo Madrasah menyediakan mirror link download.

Sesuai dengan struktur kurikulum MTs berdasar KMA 184 Tahun 2019, mata pelajaran Fikih diajarkan pada tingkat kelas 7, 8, dan 9 Madrasah Tsanawiyah. Alokasi jam belajarnya masing-masing adalah 2 jam tatap muka perpekan.

Buku Fikih Kelas 7 MTs


Buku Fikih Kelas 7 MTs

Pada buku Fikih Kelas 7 Madrasah Tsanawiyah yang terbaru ini, siswa akan diajak mempelajari materi-materi yang dikelompokkan dalam sembilan bab. Kesembilan bab beserta materinya tersebut, meliputi:
  • Menjaga Kelangsungan Hidup Manusia dan Lingkungan Melalui Pengenalan Alat-Alat Bersuci, yang mengulas; bersuci, kedudukan air dalam bersuci, alat bersuci selain air, dan hikmah dalam penggunaan alat bersuci
  • Bersuci Dengan Cara yang Tepat Menjadi Hidup Lebih Sehat, yang mengulas tentang najis dan tata cara mensucikannya; hadats, pembagian, dan tata cara mensucikannya, istinja', tayamum, dan hikmah dalam pelaksanaan bersuci.
  • Shalat Fardlu Lima Waktu Sebagai Pembentuk Karakter Disiplin, yang mengulas tentang shalat fardlu lima kali, tata cara pelaksanaan shalat fardlu, dan hikmah pelaksanaan shalat fardlu.
  • Mengembangan Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Shalat Berjama’ah, yang mengulas tentang shalat berjama'ah, dan hikmah pelaksanaan shalat berjama’ah.
  • Membentuk Pemimpin yang Optimis Melalui Berdzikir dan Berdoa Setelah Shalat, yang mengulas tentang berdzikir dan berdoa, dan hikmah pelaksanaan berdzikir dan berdoa.
  • Belajar Bertanggung Jawab Melalui Pelaksanaan Shalat Jum’at, yang membahas tentang Shalat Jum’at, dan hikmah pelaksanaan Shalat Jum'at.
  • Mensyukuri Nikmat Allah Sw Melalui Shalat Fardhu Jama’ Dan Qashar, yang membahas tentang Shalat Jama’, Shalat Qashar, Shalat Jama’-Qashar, dan hikmah pelaksanaan Shalat Jama’dan Qashar
  • Belajar Istikamah Melalui Shalat Fardhu Dalam Kondisi Tertentu, yang mengulas perihal shalat fardlu dalam kondisi tertentu, dan hikmah shalat fardlu dalam kondisi tertentu.
  • Mengamalkan Nilai Percaya Diri Dan Tasamuh Dengan Shalat Sunnah Mu’akkad Dan Ghairu Mu’akkad, yang mengulas tentang shalat sunnah mu’akkad, shalat sunnah ghairu mu’akkad, dan hikmah shalat sunnah mu’akkad dan ghairu mu’akkad

Para siswa kelas 7 Madrasah Tsanawiyah dapat mengunduh buku Fikih terbaru, dalam format pdf, melalui tautan yang Ayo Madrasah sediakan di akir artikel ini.

Buku Fikih Kelas 8 MTs


Buku Fikih Kelas 8 MTs

Dalam buku Fikih untuk kelas 8 Madrasah Tsanawiyah terbitan tahun 2019 ini hanya akan ditemui tujuh bab. Ketujuh bab tersebut akan mengulas materi sesuai kompetensi yang diatur dalam KMA 183 Tahun 2019, yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
  • Sujud Sahwi, Sujud Syukur Dan Sujud Tilawah, di dalamnya menerangkan detail terkait Ketentuan Sujud Sahwi, Ketentuan Sujud Syukur, dan Ketentuan Sujud Tilawah
  • Dengan Zakat Jiwa Dan Harta Menjadi Menjadi Bersih, yang mengulas materi terkait dengan Ketentuan Zakat, Macam-Macam Zakat, dan Hikmah Zakat
  • Puasa Fardhu Dan Puasa Sunah, yang akan mempelajari lebih lengkap mengenai Ketentuan Puasa, Macam-Macam Puasa, dan Hikmah Puasa
  • Dengan I’tikaf Hati Menjadi Tenteram, yang akan mengulas materi pelajaran terkait dengan Ketentuan I’tikaf dan hikmah I’tikaf
  • Indahnya Berbagi dengan Sedekah, Hibah dan Hadiah, yang mengulas materi berkaitan dengan Ketentuan Sedekah, Ketentuan Hibah, dan Ketentuan Hadiah
  • Ketentuan Haji dan Umrah, yang mempelajari materi terkait dengan Ketentuan Haji, Ketentuan Umrah, dan Hikmah Diwajibkannya Haji dan Umrah
  • Ketentuan Makanan Halal dan Haram, yang membahas perihal Ketentuan Makanan dan Minuman yang Halal, Ketentuan Makanan dan Minuman yang Haram, Binatang yang Halal dan yang Haram, dan Adab Ketika Makan dan Minum

Seperti pada jenjang kelas sebelumnya, siswa dan guru dapat mengunduh buku Fikih Kelas 8 MTs ini melalui tautan yang tersedia di bagian akhir artikel.

Buku Fikih Kelas 9 MTs


Buku Fikih Kelas 9 MTs

Buku Fikih untuk tingkat kelas terakhir di Madrasah Tsanawiyah, kelas 9 ini hanya berisikan enam bab pembahasan. Keenamnya memuat materi-materi sebagai berikut:
  • Ikhlasul Amal (Penyembelihan, Kurban dan Akikah), yang menjabarkan materi terkait dengan Ketentuan Penyembelihan, Ibadah Kurban, dan Ibadah Akikah
  • Ash-Shidqu Fil Aqdi (Jual Beli, Khiyar, Qirad dan Riba), yang di dalamnya mengulas tentang jual beli, khiar, qirad, dan riba
  • Al Intifa’ Fil Aqdi (Ariyah (Pinjam Meminjam) Dan Wadi’ah (Titipan), yang membahas masalah Pinjam Meminjam (Ariyah) dan Wadi’ah (Titipan)
  • Hutang Piutang, Gadai dan Hiwalah, di dalamnya membahas terkait dengan Hutang Piutang, Gadai dan Hiwalah
  • Sewa Menyewa (Ijarah) Dan Upah
  • Pengurusan Jenazah dan Harta Waris

Buku teks pelajaran Fikih Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah dapat diunduh melalui tautan yang tersedia di akhir artikel.

Unduh Buku Fikih MTs


Kesemua buku teks pelajaran Fikih untuk Madrasah Tsanawiyah ini persis sebagaimana yang diunggah dalam situs Direktorat KSKK Madrasah Kemenag. Buku dalam format pdf ini juga dapat dipergunakan secara gratis oleh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah baik kelas 7, 8, maupun 9.

Untuk mengunduh buku-buku tersebut, silakan gunakan tomboh berikut.
(Setelah terbuka daftarnya, sila unduh sesuai kelas yang diinginkan)

UPDATE:
  • Daftar telah diupdate dengan buku PAI dan Bahasa Arab edisi resmi (bukan uji coba lagi)

Baca Juga:

Dengan adanya mirror link download ini semoga semakin mempermudah siswa dan guru madrasah dalam mengunduh buku Fikih MTs Kelas 7, 8, dan 9 terbaru sesuai KMA 183 2019.

3 komentar


EmoticonEmoticon