9 Jan 2021

Solusi Tombol Sinkron AKM di Emis Monitor Tidak Muncul

Tags

Salah satu kendala yang kini dialami oleh sebagian operator madrasah adalah tombol Sinkron AKM pada aplikasi Emis Monitor tidak muncul. Padahal keberadaan tombol Sinkron AKM ini penting untuk mengirimkan data (sinkronisasi) ke aplikasi pendataan Asesmen Kompetensi Minimum milik Kemdikbud, http://pd.data.kemdikbud.go.id


Kenapa tombol Sinkron AKM di aplikasi Emis Monitor tidak muncul? Terus bagaimana caranya agar tombol Sinkron AKM segera muncul?


Tidak munculnya tombol Sinkron AKM disebabkan oleh adanya data-data terkait siswa tingkat akhir dan calon peserta AKM yang salah. Daftar siswa yang tertampil adalah siswa kelas 4 dan 6 untuk MI, kelas 8 dan 9 MTs, dan kelas 11 dan 12 MA.


Data peserta didik yang salah tersebut bisa meliputi nama siswa, NIS Lokal (NISM), NISN, Kelas dan Rombel. Jenis Rombel, Kurikulum, dan nama Ayah dan Ibu. Selain itu adalah data kebutuhan Khusus. Khusus untuk jenjang MTs dan MA ditambah dengan data UN Sebelumnya yang meliputi Nopes Ujian Sebelumnya, Nomor Seri SKHU, dan Nomor Seri Ijazah.


Baca : Cara Menggunakan Fitur Sinkronisasi AKM di Emis Madrasah


Tombol Sinkron AKM


Data yang salah bisa jadi ditandai dengan tulisan berwarna merah atau justru malah kosong (tidak terisi).


Untuk memperbaiki data-data yang salah tersebut tidak bisa langsung dari laman Emis Monitor. Melainkan harus dengan menggunakan bantuan aplikasi lainnya.


Jika yang salah adalah Nama dan NISN siswa, perbaikan harus dilakukan dengan menggunakan Verval PD milik Kemdikbud. Berikut beberapa artikel terkait dengan Verval PD:


Perbaikan data melalui laman VervalPD membutuhkan verifikasi dan persetujuan oleh sistem. Namun berdasarkan pengalaman Ayo Madrasah, proses persetujuan perubahan data tidak memakan waktu yang lama. Hanya dalam hitungan jam, jika file dokumen pendukung yang disertakan benar, persetujuan akan diberikan.

Sedang untuk jenis kesalahan lainnya, bisa diperbaiki dari laman Emis Madrasah yang beralamat di http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/

Untungnya, untuk melakukan pengeditan tidak perlu melakukan pembatalan konfirmasi. Setelah data di Emis Madrasah diperbarui, tunggu dalam waktu 2 x 60 menit. Emis Monitor akan mengupdate data berdasarkan perubahan yang dilakukan di Emis Madrasah tersebut.


Berikut langkah-langkah perubahan di laman Emis Madrasah untuk beberapa kesalahan data Emis Monitor untuk mengatasi tombol Sinkron AKM tidak muncul.


Kesalahan terkait dengan NISM, buka laman Emis Madrasah >> Kesiswaan >> Siswa Aktif >> Tombol Aksi >> Ubah Profil Siswa. Isi atau edit NIS Lokal siswa sesuai ketentuan dalam Pedoman Penerbitan dan Penulisan NISM.


Kesalahan Nama Ayah dan Ibu, buka laman Emis Madrasah >> Kesiswaan >> Siswa Aktif >> Tombol Aksi >> Detail Siswa >> Informasi Ortu. Sila isikan nama Ayah, Ibu beserta data-data lainnya.


Kesalahan Kelas-Rombel, Jenis Rombel, dan Kurikulum, buka laman Emis Madrasah >> Sarana Prasarana >> Rincian Data Ruangan >> Klik tombol Aksi pada rombel yang salah >> Ubah Data. Isikan "Ruang Kelas" pada kolom "Jenis Ruangan", "Digunakan Sebagai Ruang Kelas Utama" pada kolom Penggunaan, dan Sistem Paket atau SKS (sesuai madrasah masing-masing) pada kolom Jenis Rombel.


Kesalaahan pada kolom Kebutuhan Khusus, buka laman Emis Madrasah >> Kesiswaan >> Siswa Aktif >> Tombol Aksi >> Detail Siswa >> Kebutuhan Khusus. Pilih dan isi kolom-kolom yang tersedia.


Kesalahan pada kolom UN Sebelumnya, buka laman Emis Madrasah >> Kesiswaan >> Siswa Aktif >> Tombol Aksi >> Detail Siswa >> Riwayat UN. Jika masih kosong klik tombol "Tambah Data" dan jika sudah ada tetapi salah silakan lakukan perbaikan terutama untuk Nopes Ujian Sebelumnya, Nomor Seri SKHU, dan Nomor Seri Ijazah.


Setelah melakukan perbaikan di laman Emis Madrasah atau ajuan perubahann data di VervalPD disetujui, tunggu sekira 2 x 60 menit. Setelahnya cek ulang di laman Emis Monitor.Biasanya perubahan data yang dilakukan akan langsung diupdate oleh sistem.


Tombol Sinkron AKM Muncul

Khusus untuk kasus Siswa Mutasi Keluar tetapi masih muncul datanya di E-Monitor dan tercetak merah datanya bisa dilakukan pembatalan mutasi dulu di Emis Madrasah. Setelahnya lengkapi data-data siswa tersebut. Jika sudah semuanya, silakan tunggu 2 x 60 menit kemudian cek ulang di laman Emis Monitor. Jika sudah muncul tanpa teks merah dan tombol Sinkron AKM sudah muncul, lakukan mutasi keluar lagi siswa tersebut di Emis Madrasah. 


Itulah beberapa penyebab tombol Sinkron AKM tidak muncul dan solusi agar tombol Sinkron AKM muncul di laman Emis Monitor.


EmoticonEmoticon