27 Des 2020

Mengatasi Siswa Tidak Masuk Verval PD (NISN)

Ternyata tidak sedikit yang mengalami, siswa tidak masuk ke data Verval PD Kemenag padahal sudah terdaftar di Emis. Dengan tidak masuknya siswa ke aplikasi Verval PD tentu otomatis siswa tidak memiliki NISN atau NISN yang dipunyai tidak dapat diverifikasi ulang. Pertanyaannya tentu, kenapa bisa terjadi dan apa solusi untuk mengatasi siswa yang tidak masuk ke aplikasi Verval PD.


Laman Verval PD sendiri merupakan aplikasi yang dibangun oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan manajemen data peserta didik. Salah satunya tentu penrbitan dan verifikasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).


Dari laman VervalPD inilah akan diketahui NISN yang telah valid dan terverifikasi maupun yang belum. Diketahui daftar siswa dengan NISN yang masih terkendala dengan identitasnya seperti terdaftar di lebih dari satu rombel atau sekolah, nama siswa yang salah, tempat dan tanggal lahir yang tidak sesuai, nama ibu kandung yang tidak konsisten, hingga NIK siswa yang salah, kosong, atau bahkan dipergunakan oleh lebih dari satu siswa.


Pada madrasah, aplikasi Verval PD melakukan sinkronisasi dengan data Emis Madrasah.


Siswa Tidak Masuk Verval PD


Baca Juga : Alamat Web VervaPD Kemenag Terbaru dan Alternatif Link


Mengatasi Siswa Tidak Masuk Verval PD


Jika terjadi siswa tidak tercantum dalam aplikasi Verval PD padahal data siswa tersebut sudah dientri ke aplikasi Emis Madrasah, maka harus ditelusuri penyebabnya. Dari situ, kemudian bisa diambil langkah-langkah solusi untuk mengatasinya sehingga peserta didik tersebut kemudian dapat terdata dalam aplikasi Verval PD.


Berikut hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Baca Juga: Menangani Residu Siswa di Verval PD


1. Pastikan Siswa Sudah Masuk Rombel


Pastikan setiap siswa sudah dimasukkan ke rombelnya masing-masing di layanan Emis Madrasah. Lupa tidak melakukan entri rombel bisa mengakibat siswa tidak tergenerate ke sistem Verval PD. Bahkan dalam kasus tertentu, bisa jadi semua siswa tidak terdaftar di Verval PD.


Untuk mengecek rombel bisa dilakukan melalui beberapa cara yang antara lain:

  • Buka Dashboard Emis Madrasah lalu geser ke bawah hingga bagian "Siswa Berdasarkan Rombel". Cek ulang rombel yang tertera dan jumlah siswa di setiap rombelnya.
  • Buka menu "Kesiswaan" >> "Siswa Aktif". Cek pada kolom "Kelas/Rombel". Rombel yang benar tertulis kelas dan rombelnya seperti "6 - 01" (Kelas 6 Rombel 01).


Jika terdapat siswa yang hanya tertulis kelasnya saja berarti belum dimasukkan ke rombelnya. Untuk memasukkan rombel caranya dengan:

  1. Buka menu "Kesiswaan" >> "Siswa Aktif".
  2. Cari nama siswa yang belum dimasukkan rombel, lalu klik kotak di depannya hingga tercentang.
  3. Klik kolom di sebelah "Ubah Kelas dan Rombel" dan pilih rombel yang diinginkan
  4. Klik tombol "Ubah Kelas dan Rombel"


2. Pastikan Kelengkapan Data Siswa di Emis


Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh operator madrasah untuk mengatasi adalah memastikan kelengkapan data siswa (detail siswa) yang tercantum di Emis Madrasah. Adanya kolom-kolom isian di Emis yang tidak terisi dapat membuat siswa tidak tergenerate ke situs Verval PD.


Untuk mengecek data siswa telah lengkap atau belum lakukan berikut ini:

  1. Buka menu "Kesiswaan" >> "Siswa Aktif"
  2. Cari nama siswa yang belum terdaftar di Verval PD
  3. Klik tombol "Aksi" pilih "Detail Siswa" dan "Ubah Profil Siswa"
  4. Cek satu-satu data yang tertera dalam "Detail Siswa" dan "Ubah Profil Siswa", jika ada yang kurang atau tidak terisi, silakan dilengkapi
  5. Simpan hasil perbaikan


Pengecekan dapat juga dilakukan dengan cara mengunduh template terkait dengan "Siswa Aktif", caranya:

  1. Buka menu "Template"
  2. Klik ikon "Unduh" di pada jenis-jenis template terkait Siswa Aktif seperti Template NIK, NISN, dan NIS LOkal, Template Tempat Tinggal, Template Informasi Orang Tua, dan Template Alamat Tinggal Ortu
  3. Buka file hasil unduhan template (dalam format excel)
  4. Cari nama siswa yang belum terdaftar di Verval PD
  5. Cek kolom-kolom data siswa tersebut.
  6. Jika terdapat data yang kosong, silakan lakukan perbaikan langsung di menu "Kesiswaan" >> "Siswa Aktif" >> "Detail Siswa" atau "Ubah Profil Siswa"
  7. Perubahan dapat juga dilakukan dengan mengisi template, menyimpannya, kemudian mengunggah ulang melalui tombol "Unggah" di menu "Template"


Setelah proses pelengkapan data selesai, data di VervalPD tidak akan otomatis berubah saat itu. Membutuhkan waktu hingga beberapa hari atau menunggu generate berikutnya agar tercantum dalam aplikasi Verval PD.


Baca Juga : Yang Harus Dilakukan Sebelum Konfirmasi dan Cetak Berita Acara Emis


3. Siswa Pindahan (Mutasi Masuk)


Siswa mutasi masuk (pindahan dari madrasah atau sekolah lain) bisa jadi masih terdaftar di akun Verval PD madrasah asal. Sehingga belum masuk ke madrasah tujuan.


Jika demikian yang terjadi, solusinya adalah dengan menghubungi sekolah atau madrasah asal agar melakukan prosedur "Siswa Keluar" melalui aplikasi Verval PD sekolah yang bersangkutan.


4. Tunggu Generate Berikutnya


Jika data-data siswa sudah benar dan langkah-langkah pengecekan seperti diuraikan di atas sudah dilakukan tetapi siswa masih juga belum terdaftar di laman Verval PD yang harus dilakukan adalah tinggal menunggu sistem melakukan generate database berikutnya.


Selama data-data terkait dengan siswa dan rombel telah benar, insaallah akan terdata dalam laman Verval PD sekaligus mendapatkan NISN.


Operator tinggal melakukan pengecekan di menu "Residu" pada laman Verval PD untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan daftar validasi yang disertakan.


Syukur jika semua siswa terdaftar di Verval PD dan menu "Residu" kosong.


Terkait dengan pengelolaan "Residu" Verval PD, Edit NISN, dan Edit Identitas melalui aplikasi Verval PD akan diuraikan dalam artikel tersendiri.


Yang terpenting, pertama kesemua siswa telah terdaftar di aplikasi Verval PD dan memiliki NISN.


So, jika masih terkendala dengan siswa yang tidak masuk Verval PD, tidak terdaftar di Verval PD sehingga tidak memiliki NISN silakan dicoba langkah-langkah di atas tadi.

2 komentar

  1. ada siswa mutasi masuk dan sudah dihubungi operator dari madrasah sebelumnya, katanya data sudah keluar, tapi kenapa ya sampe sekarang data siswa tersebut belum masuk verval pd?

    BalasHapus
  2. bagaimana cara mengatasi siswa yang kenak tidak aktif menjadi aktif lagi

    BalasHapus


EmoticonEmoticon