25 Des 2020

Alamat Web VervaPD Kemenag Terbaru dan Alternatif Link

Ada yang bingung dengan alamat laman VervalPD Kemenag yang terbaru? Anda tidak sendiri. Sejak diluncurkan pertama kali beberapa tahun silam, link website VervalPD Kemenag memang mengalami beberapa kali perubahan. Inilah yang terkadang membuat bingung operator dan madrasah saat akan login dan mengelola verval peserta didik, terutama NISN.


Kesalahan dalam menulis link tentu akan berdampak pada gagal login atau tidak dapat mengakses website Verval Peserta Didik dan data NISN.


Padahal pelaksanaan Verval PD sangat penting utamanya dalam pengajuan NISN (bagi siswa yang belum memiliki), memverifikasi NISN yang telah dimiliki siswa, hingga melakukan perbaikan data NISN dan identitas pribadi.


Sedang NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah nomor yang menjadi kode pengenal siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa.


Baca Juga : Cara Lihat, Cek, dan Edit NISN | Terbaru

Alamat Web VervaPD Kemenag


Dari laman VervalPD inilah akan diketahui NISN yang telah valid dan terverifikasi maupun yang belum. Diketahui daftar siswa dengan NISN yang masih terkendala dengan identitasnya seperti terdaftar di lebih dari satu rombel atau sekolah, nama siswa yang salah, tempat dan tanggal lahir yang tidak sesuai, nama ibu kandung yang tidak konsisten, hingga NIK siswa yang salah, kosong, atau bahkan dipergunakan oleh lebih dari satu siswa.


Data di laman VervalPD diambilkan melalui proses sinkronisasi dengan laman Emis Madrasah.


Website VervalPD baik untuk Kemenag maupun Kemdikbud dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 


Baca Juga: Kasus & Solusi Emis, Jenis Kelamin Siswa Berubah di Berita Acara


Alamat Website VervalPD Kemenag


Berdasar penelusuran Ayo Madrasah, link url website VervalPD Kemenag mengalami beberapa kali perubahan. 


Sedang alamat yang terbaru adalah https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/

Laman ini memiliki beberapa alternatif link untuk mengaksesnya. Beberapa alamat alternatif tersebut antara lain adalah:

  • https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id 
  • http://refoperasional.data.kemdikbud.go.id/kemenag
  • https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appkey=8D86081B-ADCE-4398-A979-F18217DE4277


Jadi, jika ada operator atau madrasah yang terkendala saat akan mengakses website VervalPd Kemenag, silakan untuk mencoba tiga alternatif link di atas.


Selain itu pastikan saat login telah memasukkan username (email) dan password yang benar. 


Jika tidak dapat mengakses karena lupa akun dan pssword login, silakan hubungi Kantor Kemenag Kabupaten/Kota setempat untuk meminta reset akun.


Baca Juga : 


Dengan alamat website VervalPD Kemenag yang benar diharapkan setiap madrasah dapat mengelola verifikasi dan validasi data NISN dengan benar. Sehingga tidak akan ada lagi siswa madrasah yang terkendala dengan NISN atau bahkan tidak memiliki NISN.


EmoticonEmoticon