30 Apr 2021

Logo dan Tema Hari Pendidikan Nasional 2021

Tema dan logo Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peringatan Hari Pendidikan Nasional, atau biasa disingkat Hardiknas, setiap tahunnya digelar setiap tanggal 2 Mei.


Pada peringatan di tahun 2021 ini, sebagaimana Ayo Madrasah lansir dari situs www.kemdikbud.go.id, peringatan Hari Pendidikan Nasional akan mengangkat tema "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar".


Logo dan tema Hardiknas 2021

Baca Juga: Tema dan Logo HAB Kemenag ke-75 Tahun 2021


Ini ditegaskan dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bernomor 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 perihal Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021.


Sedangkan untuk logo peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 adalah sebagai berikut.

Logo Hardiknas 2021



Logo Hardiknas 2021 sebetulnya merupakan reuse dari logo peringatan tahun sebelumnya, logo Hardiknas 2020.


Baca Juga: Bingkai Twibbon Hardiknas 2021


Logo terdiri atas tiga komponen utama yaitu bintang, keceriaan, dan pena. Bintang yang disebut sebagai bintang pendidikan, menggambarkan semangat Hardiknas untuk melahirkan generasi Indonesia yang unggul, cerdas, dan berkarakter. Sedang garis-garis penyusunnya yang terkesan luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang dinamin.


Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, gotong royong, serta partisipasi publik.


Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai proses penciptaan karya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.


Selain menetapkan tema dan logo, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga mengatur tentang upacara bendera Hardiknas dan ragam aktivitas peringatan yang lainnya. Dimana karena masih dalam suasana pandemi akibat Covid-19, diharapkan peringatan dapat dilaksanakan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19 serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.


Untuk mengunduh surat edaran Mendikbud, Pedoman Upacara hardiknas 2021, Logo, dan template media luar ruang Hardiknas 2021 silakan gunakan tombol berikut.


Demikiannya logo dan tema Hardiknas 2021, "Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar".

Add Comments


EmoticonEmoticon