8 Mei 2021

Kumpulan PPT Video Ucapan Selamat Idul Fitri Bisa Diedit

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Ayo Madrasah membagikan kumpulan PPT Video Ucapan Selamat Idul Fitri yang bisa diedit dan disesuaikan sendiri. Sehingga ucapan Selamat Idul Fitri dalam format file power point bisa dibagikan dalam format video ucapan melalui media sosial atau direct message.


UPDATE:

Materi file video ucapan sudah disesuaikan dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 H (2023 M)


Banyak cara untuk mengungkapkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Bisa dengan kiriman kata-kata ucapan selamat, gambar grafis berisi ucapan Idul Fitri, twibbon, hingga ucapan berbentuk video.


Salah satu yang termudah, namun hasilnya sangat bagus adalah memanfaatkan program PowerPoint yang umum terdapat di komputer. Pengguna dapat melakukan editing dan penyesuaian gambar dan tulisan sehingga ucapan akan terlihat lebih personal. Setelahnya hasilnya dikirim ke media sosial dalam bentuk video animasi yang menarik.


Baca: Kumpulan Twibbon Selamat Idul Fitri 1443 (2022)


Video ucapan ini dapat dikirimkan oleh organisasi semisal keluarga besar RA atau Madrasah, kumpulan guru dan tenaga kependidikan, keluarga, maupun secara pribadi.


Video Ucapan Idul Fitri

Di luaran banyak jasa yang menawarkan pembuatan video ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dengan tarif puluhan hingga seratusan ribu pervideo. Namun dengan template yang Ayo Madrasah bagikan ini, setiap orang dapat membuat kartu ucapan Idul Fitri sendiri dalam bentuk video yang menarik.


Terdapat beberapa pilihan template video ucapan yang dapat dipilih. Kumpulan PPT video ucapan selamat Idul Fitri tersebut diantaranya adalah.


Baca : Kumpulan Twibbon Ucapan Selamat Idul Fitri 1442 H


Kumpulan Template Video Ucapan Idul Fitri


Template Video Ucapan Idul Fitri 01


Template pertama berbentuk persegi dengan dominasi warna gelap pada backgroundnya. Di dalamnya terdapat kalimat ucapan dan space untuk menampilkan foto bersama maupun pasangan. Pun dilengkapi dengan ucapan doa "taqoballahu minna wa minkum" dalam bentuk kaligrafi arab.


Baca: Download Spanduk Selamat Hari Raya Idul Fitri


Template Video Ucapan Idul Fitri 02


Template ucapan Idul Fitri yang kedua masih berbentuk persegi. Di sisi kiri bawah dapat ditampilkan foto keluarga, foto pasangan maupun lainnya.


Template Video Ucapan Idul Fitri 03


Selanjutnya adalah template berbentuk persegi panjang (lanskap). Backgroundnya bernuansa terang dengan dominasi warna hijau dan kuning. Selain menampilkan kalimat ucapat Selamat Hari Raya Idul Fitri, di bagian tengahnya dapat dimasukkan foto diri.


Template Video Ucapan Idul Fitri 04


Keempat adalah template yang kembali dalam bentuk persegi. Selain menampilkan foto bersama di beberapa bagian terdapat ornamen yang bergerak secara dinamis.


Template Video Ucapan Idul Fitri 05


Pilihan template selanjutnya berbentuk persegi panjang dengan format portlait. Format ini seperti ini akan sangat cocok ketika dibagikan sebagai status whatsapp, facebook, maupun instagram  karena ketika dibuka di ponsel akan tampak satu halaman penuh.


Template Video Ucapan Idul Fitri 06


Berikutnya, template berbentuk persegi dengan nuansa hijau, kuning, dan orange. Foto dapat diletakkan pada space yang tersedia di bagian tengah kiri kartu.


Download Template PPT Ucapan Idul Fitri


Untuk melihat dan mengunduh file template kumpulan PPT video ucapan selamat Idul Fitri, sila gunakan tautan di bawah. terdapat beberapa template PPT yang dapat dipilih dan diunduh.


Baca: 


Cara Edit Template dan Simpan ke Video


Cara mengedit template sesuai kebutuhan seperti mengganti tulisan dan merubah gambar atau foto telah ikut disertakan dalam setiap file. Termasuk juga bagaimana cara menyimpan atau convert file PPT sehingga menjadi video ucapan pun telah disertakan.


Untuk mengganti tulisan, caranya cukup mudah. Buka file template yang telah diunduh dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Klik pada tulisan yang ingin diganti. Munculah kotak edit dimana teks dapat diganti, dirubah warna maupun jenis dan ukuran fontnya. Setelah selesai jangan lupa untuk menyimpannya.


Demikian juga untuk mengganti foto atau gambar. Klik foto atau gambar yang akan diganti. Pada bagian atas (daftar menu) akan muncul menu "Picture Format". Klik menu tersebut kemudian cari dan klik ribbon "Change Picture" >> "From a File". Akan terbuka jendela Insert Picture, carilah foto yang sebelumnya telah disiapkan.


Untuk membuat foto hanya tampak orangnya saja (transparan) tanpa background bisa menggunakan layanan online yang disediakan oleh situs www.remove.bg. Klik tombol "Upload Image" >> Cari file foto Anda lalu tunggu proses penghapusan background. Jika sudah tinggal klik tombol "Download" untuk menyimpan foto yang sudah tanpa background.


Sedang untuk merubah file ke dalam format video ada dua cara. Pertama dengan cara klik menu File >> Save As. Saat terbuka jendela penyimpanan, klik kolom jenis file yang semua PowerPoint Presentation (*.pptx) ganti menjadi MPEG-4 Video (*.mp4). Lalu klik Save. Tunggu proses penyimpanan yang memakan waktu beberapa detik hingga menit (ditandai indikator penyimpanan di bawah slide).


Cara kedua, klik menu File lalu Export. Setelah terbuka jendela Export, pilih "Create a Video". Pilih kualitas video (4K, Full HD, HD, atau Standart) lalu klik "Create Video". Pilih lokasi penyimpanan. Tunggu proses penyimpanan yang memakan waktu beberapa detik hingga menit (ditandai indikator penyimpanan di bawah slide).


So, silakan gunakan PPT video ucapan selamat Idul Fitri dan buat sendiri ucapan Anda menjadi lebih personal.

2 komentar

  1. alhamdulillah, barakallah ya pak semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  2. Terima kasih pak... Downloadnya gak pake ribet.. Sehat selalu nggih pak..πŸ˜ŠπŸ‘πŸΌπŸ™πŸΌπŸ’ͺ🏻

    BalasHapus


EmoticonEmoticon