4 Des 2025

Terbaru, Cara Konfirmasi dan Cetak BAP EMIS

Cara konfirmasi, cetak dan upload BAP EMIS mengalami perubahan. Sebelumnya seluruh proses konfirmasi, cetak dan unggah BAP EMIS dilakukan melalui akun lembaga (Operator Emis) tetapi mulai Semester Gasal Tahun Ajaran 2025/2026, thapan tersebut harus melalui akun lembaga dan akun Kepala Madrasah.


Cara Cetak BAP EMIS

Bagaimana cara konfirmasi hingga cetak dan upload Berita Acara Pendataan (BAP) EMIS terbaru, simak penjelasannya.


Tahapannya meliputi:

  1. Operator melakukan monitoring data
  2. Operator melakukan konfirmasi data
  3. Kepala Madrasah melakukan Cetak BAP Emis
  4. Kepala Madrasah menandatangani dan mengunggah BAP Emis


1. Monitoring Data oleh Operator


Tahapan pertama sebelum melakukan konfirmasi dan cetak Berita Acara Pendataan (BAP) EMIS adalah memastikan data-data dalam EMIS telah terisi dengan benar.

Operator Emis melalui akun Staf Lembaga melakukan monitoring data dengan cara:
  • Klik menu Monitoring
  • Klik sub menu Kelembagaan (untuk mengecek data kelembagaan)
    • Data yang sudah lengkap ditandai dengan warna hijau
    • Data belum lengkap dan akan dicek untuk proses konfirmasi sehingga wajib dilengkapi, ditandai dengan warna merah
    • Data sudah lengkap dan tidak dicek untuk proses konfirmasi (tidak wajib dilengkapi)m warna biru
    • Data belum lengkap tidak dicek untuk proses konfirmasi (tidak wajib dilengkapi), warna cokelat
  • Jika ada data yang belum lengkap, apalagi berstatus merah, lakukan perbaikan data.
  • Ulangi langkah di atas untuk sub menu Sarana Prasarana, Siswa, dan Guru dan Tendik.

Cara Monitoring sebelum BAP EMIS

Selain oleh operator, monitoring data dapat dilakukan juga oleh Kepala Madrasah melalui akun Kepala Lembaga, tetapi perubahan dan perbaikan tetap dilakukan melalui akun lembaga.

2. Konfirmasi Data oleh Operator


Tahapan selanjutnya adalah melakukan konfirmasi data. Konfirmasi data dilakukan untuk memastikan data sudah benar. 

Konfirmasi data dilakukan oleh Operator EMIS di akun Staf Lembaga.

Untuk melakukan konfirmasi data, langkah-langkah yang harus dilakukan oleh Operator Emis melalui akun Staf Lembaga, adalah:
  1. Operator login ke EMIS menggunakan akun Staf Lembaga
  2. Klik menu Konfirmasi
  3. Klik sub menu Kelembagaan
  4. Pastikan tanda seru di samping "Info" telah berwarna hijau
  5. Cek ulang dan pastikan data-data yang tampil sudah valid
  6. Klik kotak di depan pernyataan "Saya 'nama operator' bertanggungjawab penuh atas ..." hingga tercentang
  7. Klik tombol Konfirmasi Data di kanan bawah
  8. Muncul jendela peringatan "Apakah Anda yakin melakukan konfirmasi data (jenis data)?", klik Ya
  9. Muncul peringatan konfirmasi data berhasil, klik "Tutup"
  10. Jika berhasil maka pada bagian atas kiri akan muncul kotak hijau dengan tulisan "Data telah dikonfirmasi"
  11. Ulangi langkah-langkah tersebut pada sub menu Sarana Prasarana, Siswa, dan Guru dan Tendik.

Cara Konfirmasi sebelum Cetak BAP EMIS

Setelah semua data dikonfirmasi, maka tahap cetak BAP EMIS bisa dilakukan.

3. Cetak BAP EMIS oleh Kamad


Tahapan ketiga adalah mencetak Berita Acara Pendataan (BAP) Emis. Tahapan ini dilakukan oleh Kepala Madrasah di akun Kepala Lembaga.

Sebelum ke tahap ini pastikan Operator telah melakukan Konfirmasi Data. Jika belum maka tombol untuk mencetak BAP EMIS tidak aktif.

Adapun langkah-langkah melakukan cetak BAP EMIS adalah:
  1. Kepala Madrasah login ke Emis menggunakan akun Kepala Lembaga
  2. Klik menu BAP
  3. Klik sub menu Pendataan
  4. Klik tombol "Cetak BAP"
  5. Dokumen BAP berformat .pdf akan terunduh

UPDATE:

  • BAP EMIS akan ditandatangani secara elektronik (TTE) oleh Kepala Madrasah melalui sistem EMIS. Sehingga Kamad tidak perlu membubuhi tanda tangan basah dan stempel.
  • Tidak perlu melakukan prosedur Upload BAP
  • BAP bertanda tangan digital tersebut wajib diarsipkan dalam bentuk digital dan cetak
======

Cetak dokumen BAP yang telah diunduh tadi lalu bubuhi tanda tangan oleh Kepala Madrasah dan stempel lembaga.

4. Unggah BAP EMIS oleh Kamad


Langkah terakhir adalah melakukan unggah Berita Acara Pendataan (BAP) Emis. Tahapan ini dilakukan oleh Kepala Madrasah di akun Kepala Lembaga.

Sebelumnya, pastikan dokumen BAP telah terunduh, dicetak, dibubuhi tanda tangan oleh Kepala Madrasah dan stempel lembaga.

Setelahnya, scan atau foto BAP Emis tersebut dalam format JPG, PNG, atau PDF dengan ukuran file maksimal 2 MB.

Untuk melakukan unggah BAP EMIS, langkah-langkahnya adalah:
  1. Kepala Madrasah login ke Emis menggunakan akun Kepala Lembaga
  2. Klik menu BAP
  3. Klik sub menu Pendataan
  4. Klik kotak unggah dokumen (Upload BAP)
  5. Cari di mana file scan BAP Emis yang telah ditandatangani dan stempel Kepala Madrasah
  6. Jika berhasil akan tampil preview dan nama dokumen dan tombol "Upload BAP" menjadi biru
  7. Klik tombol "Upload BAP"
  8. Muncul peringatan "Apakah Anda yakin?", klik "Ya"
  9. Muncul peringatan berhasil unggah

Dan Berita Acara Pendataan Emis pun berhasil dilakukan.

Riwayat BAP EMIS dapat dicek dengan mengeklik tombol Riwayat BAP, pada menu BAP >> Pendataan.


Demikian langkah-langkah dan cara konfirmasi dan cetak BAP EMIS yang harus dilakukan oleh Operator Emis dan Kepala Madrasah. 

Add Comments


EmoticonEmoticon