19 Feb 2022

Soal Ujian Madrasah dan Sekolah Bahasa Indonesia SD/MI

Soal Ujian Madrasah dan Ujian Sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar. Soal yang disusun mengacu pada Kurikulum 2013 ini dapat digunakan sebagai media berlatih siswa kelas 6 SD/MI dalam persiapan mengikuti Ujian Sekolah (US) maupun Ujian Madrasah (UM).


Mata Pelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu mapel yang diujikan baik di madrasah (Ujian Madrasah) maupun di sekolah (Ujian Sekolah). Dimana penyelenggaraannya tinggal beberapa saat lagi. Baca: Waktu dan Jadwal Pelaksanaan UM MI, MTs, MA Tahun 2022


Karenanya, mulai kini siswa kelas 6 SD/MI sebagai calon peserta Ujian Madrasah sudah seharusnya memperbanyak mengerjakan latihan soal ujian. Sehingga siswa akan semakin terbiasa dengan model-model soal dan materi yang terkandung di dalamnya.

Soal UM Bahasa Indonesia

Sesuai dengan POS UM 2022, penyelenggaraan Ujian Madrasah tahun pelajaran 2021/2022 ini diserahkan sepenuhnya kepada satuan pendidikan. Madrasah bebas memilih bentuk tes maupun moda yang digunakan. Termasuk dalam penyusunan kisi-kisi dan soal ujian yang harus disusun oleh guru mata pelajaran (guru kelas) di madrasah masing-masing.


Sehingga soal Ujian Madrasah ini sekaligus bisa menjadi contoh dan referensi bagi guru dalam menyusun soal ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di madrasahnya. Tentu dengan melakukan penyesuaian sesuai kondisi masing-masing. Karenanya soal ini sengaja dibagikan dalam format Microsoft Word untuk memudahkan proses editing dan penyesuaian oleh guru.


Unduh Soal UM/US Bahasa Indonesia untuk MI/SD


Soal Ujian Madrasah dan Ujian sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang MI Tahun 2022 ini sebagai bahan latihan atau simulasi siwa dalam menghadapi ujian. Selain itu bisa dijadikan contoh dalam penulisan soal sejenis.


Untuk mengunduhnya sila gunakan tombol download di bawah ini.

Jika kesulitan saat mengunduh, sila baca panduannya di artikel: Cara Download File di Google Drive


Selain contoh soal UM Bahasa Indonesia di atas, Ayo Madrasah menyediakan contoh berbagai soal ujian untuk mata pelajaran lainnya. Untuk kumpulan soal UM Madrasah Ibtidaiyah mata pelajaran lainnya, sila klik tautan di bawah:


Baca Juga: Waktu dan Jadwal Pelaksanaan UM MI, MTs, MA Tahun 2022


Soal UM Bahasa Indonesia MI ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas 6 dalam berlatih dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Madrasah untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

1 komentar

  1. Mohon bantuannya. file soal yang sudah di download tidak bisa di download lagi kenapa ya?

    BalasHapus


EmoticonEmoticon