26 Apr 2023

Pedoman Susunan Acara Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2023

Pedoman, ketentuan, dan susunan acara upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. Pedoman dan susunan acara ini didasarkan pada Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, keluaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 diselenggarakan pada tanggal 2 Mei, tepat pada puncak peringatan Hardiknas. Pelaksanaannya secara luring (tatap muka) di kantor Kemendikbudristek pusat maupun satuan kerja daerah, kantor Kementerian Agama pusat maupun satuan kerja daerah, kantor pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi dan kabupaten/kota, dan kampus Perguruan Tinggi negeri atau swasta se-Indonesia.


Upacara juga digelar oleh satuan pendidikan, termasuk madrasah, di seluruh Indonesia, kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri.


Susunan Acara Upacara Hardiknas

Baca: Download Logo dan Tema Hari Pendidikan Nasional 2023 (Png, Cdr, Ai, Psd)


Waktu pelaksanaannya, sebagaimana Ayo Madrasah kutip dari Pedoman Upacara Hardiknas 2023, diselenggarakan pada hari Selasa, 2 Mei 2023 mulai pukul 08.00 waktu setempat.


Pedoman berikutnya adalah terkait pakaian undangan, peserta, dan petugas upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023.


Peserta upacara baik pejabat, undangan, maupun barisan upacara (pegawai, pendidik, siswa, dan mahasiswa) mengenakan pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan. Sedang bagi petugas upacara mengenakan pakaian sesuai dengan ketentuan.


Baca: Susunan Acara dan Doa Upacara Hari Pahlawan


Susunan Upacara Bendera


Upacara bendera Hardiknas diselenggarakan dengan petugas upacara yang meliputi pembawa acara, pemimpin upacara, petugas pengibar bendera, dan petugas pembaca Pembukaan UUD 1945. Juga pembaca doa, pembaca Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya (jika ada), dirigen, dan tentunya pembina upacara.


Masih berdasar Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023, sebagaimana Ayo Madrasah dapatkan, susunan acara upacara bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

  1. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara
  2. Pembina upacara tiba di tempat upacara
  3. Penghormatan kepada pembina upacara
  4. Laporan pemimpin upacara
  5. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara
  6. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara
  7. Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara
  8. Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
  9. Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada)
  10. Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi)
  11. Pembacaan doa
  12. Laporan pemimpin upacara
  13. Penghormatan kepada pembina upacara
  14. Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara
  15. Upacara selesai, barisan dibubarkan


Khusus sebelum pembacaan doa, diharapkan agar petugas pembaca doa menjelaskan bahwa doa upacara dibacakan secara agama Islam. Dan mempersilakan kepada peserta upacara yang tidak beragama Islam untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Baca:

Pedoman Pelaksanaan Upacara Hardiknas Tahun 2023 beserta dengan Susunan Acara Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat juga diunduh melalui tombol download di bawah ini.


Artikel tentang pedoman dan susunan acara upacara bendera Hardiknas Tahun 2023 ini semoga bisa menjadi pedoman bagi semua pihak, termasuk bagi sekolah dan madrasah yang akan menggelar upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023.

Add Comments


EmoticonEmoticon