27 Mei 2023

Pedoman & Susunan Upacara Hari Lahir Pancasila 2023

Pedoman dan susunan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023. Baik bagi madrasah dan sekolah (lembaga pendidikan) maupun instansi lainnya, yang akan mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023.


Badan Pembinaan Ideologi Pancasila maupun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi pun telah menerbitkan pedoman penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.


Selain memuat sejumlah ketentuan terkait penyelenggaraan upacara, pada pedoman tersebut juga memuat susunan acara upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.


Adalah Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 dan Surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 15722/A/TU.02.03/2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023. Kedua surat dapat diunduh di bagian akhir artikel ini.


Susunan Upacara Hari Lahir Pancasila 2023

Baca: Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2023


Mengutip Ayo Madrasah, Hari Lahir Pancasila, diperingati pada 1 Juni, merupakan salah satu hari peringatan nasional, sekaligus hari libur nasional. Tanggal tersebut merujuk pada pidato yang dilakukan Ir. Soekarno tentang konsep awal Pancasila, pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).


1 Juni kemudian ditetapkan secara resmi sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.


Tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” dengan tagline “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.


Baca: Spanduk, Banner, dan Backdrop Hari Lahir Pancasila 2023


Waktu Pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila


Sebagaimana tertuang dalam surat edaran Kepala BPIP, BPIP bersama Sekretariat Presiden, Komando Garnisun Tetap I/Jakarta, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan  upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 terpusat pada Kamis, 1 Juni 2023 di Lapangan Monumen Nasional, Medan Merdeka, Jakarta. Upacara ini akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB.


Pada upacara ini akan dihadiri Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian/lembaga, pimpinan Tentara Nasional Indonesia, pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pimpinan Bank Indonesia, pimpinan pemerintahan daerah provinsi DKI Jakarta, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), para tokoh, dan tamu undangan.


Selain upacara terpusat di Lapangan Monumen Nasional, upacar juga digelar oleh pemerintahan pusat, pemerintahan daerah, dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri: Upacara bendera juga digelar di seluruh satuan pendidikan formal untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.


Baca: Kumpulan Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023


Upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar selain di Lapangan Monumen Nasional dilaksanakan paling lambat pukul 07.00 WIB dan harus sudah selesai sebelum waktu pelaksanaan upacara terpusat yang diadakan di Lapangan Monumen Nasional.


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sebagai dalam suratnya,  akan melaksanakan upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 pada hari Kamis, 1 Juni 2023 pukul 07.00 WIB bertempat di halaman kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat.


Terkait pakaian saat upacara yang dilaksanakan di luar Lapangan Monumen Nasional, Kepala BPIP melalui surat edarannya tertulis, bahwa menggunakan pakaian yang ditetapkan oleh pimpinan institusi, lembaga, atau satuan pendidikan masing-masing. 


Baca: Susunan Acara dan Doa Upacara Hari Pahlawan


Susunan Acara Upacara Hari Lahir Pancasila


Adapun susunan acara Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila, merujuk pada Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023, adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan upacara
  2. Pasukan upacara Perwira Upacara memasuki tempat upacara
  3. Komandan Upacara memasuki tempat upacara
  4. Laporan
  5. Inspektur Upacara memasuki tempat upacara
  6. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  7. Pengibaran Bendera Merah Putih
  8. Mengheningkan Cipta
  9. Pembacaan teks Pancasila
  10. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  11. Amanat Inspektur Upacara
  12. Pembacaan doa
  13. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  14. Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara
  15. Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara
  16. Komandan Upacara membubarkan pasukan
  17. Upacara selesai


Sedang jika berdasar surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 15722/A/TU.02.03/2023, susunan acara dalam Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, meliputi:

  1. Persiapan upacara
  2. Pemimpin upacara memasuki tempat upacara
  3. Pembina upacara memasuki tempat upacara
  4. Laporan pemimpin upacara
  5. Pengibaran Bendera Merah Putih
  6. Mengheningkan Cipta
  7. Pembacaan teks Pancasila
  8. Pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  9. Amanat pembina upacara
  10. Pembacaan doa
  11. Laporan pemimpin upacara
  12. Pembina upacara meninggalkan tempat upacara
  13. Upacara selesai


Kedua susunan upacara tersebut tidak terlalu berbeda. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan dalam penyebutan petugas-petugasnya. Pun dengan ditiadakannya Perwira Upacara dalam susunan terbitan Kemendikbudristek.


Untuk lebih jelasnya, bagi madrasah maupun institusi lainnya yang akan menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila untuk dapat membaca dan mengunduh kedua pedoman upacara tersebut melalui tombol download di bawah.

Baca:

  • Teks Doa Upacara Hari Lahir Pancasila 2023
  • Amanat Pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023


Bagi madrasah, sekolah, maupun lembaga dan institusi lainnya sila menyelenggarakan upacara sesuai dengan pedoman dan susunan Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 sebagaimana telah diatur melalui surat yang diterbitkan oleh BPIP dan Kemendikbudristek tersebut.

Add Comments


EmoticonEmoticon