23 Jun 2023

Tema dan Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI (Vektor & Png)

Tema dan logo HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 (78 Tahun Kemerdekaan RI) resmi dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara. Tema dan logo peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 RI ini tersedia dalam format gambar yang komplit mulai dari JPEG, PDF, PNG, hingga Vektor (Ai dan EPS).


Pun dilengkapi dengan Pedoman Identitas Visual Publik (Pedoman Penggunaan), elemen grafis, dan font yang dipergunakan.


Logo HUT RI ke-78

Tema dan logo ini merupakan identitas tunggal untuk dipakai sebagai identitas nasional terkait semua kegiatan Kemerdekaan 78 Tahun Republik Indonesia.


Dengan beragamnya format logo HUT RI ke-78 Tahun 2023, mulia dari logo dengan format Jpeg, Png, Pdf, hingga gambar vektor seperti Ai dan Eps, akan memudahkan bagi semua pihak yang ingin menggunakannya.


Tema HUT RI ke-78 Tahun 2023


Dilansir Ayo Madrasah dari situs Kemensetneg, HUT ke-78 Kemerdekaan RI mengangkat tema besar, "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". 


Tema ini didasari pencapaian yang telah diraih yang menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.


Logo HUT RI ke-78


logo Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 atau logo HUT RI ke-78 terbentuk dari gambar angka 7 dan 8 yang terdiri atas elemen solid dan garis.


Gambar logo tersebut adalah sebagai berikut.


Logo HUT RI ke-78 Konfigurasi dan Variasi

Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI dapat diunduh di bagian akhir artikel ini.


Makna Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI


Dikutip Ayo Madrasah dari Pedoman Visual Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 ini mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, kesatuan.


Keseluruhan logo bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.


Baca: Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2023 (Png, Vektor)


Makna logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI meliputi 6 konsep visual logo yang meliputi estafet, Pancasila, keberlanjutan, terus melaju, tanggung jawab bersama, dan globalisasi. 


Logo HUT RI ke-78 Konsep Visual

Rincian makna yang terkandung dalam setiap elemen adalah sebagai berikut:

  • Garis padat horizontal (ujung atas angka tujuh) - tongkat estafet (Teruskan)
    Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.
  • Angka 7 berbentuk arah panah ke atas (Gerak Maju)
    Arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.
  • (Elemen garis pada angka 8) Terbentuk dari 5 garis melengkung (Pancasila)
    5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju
  • Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis. (Tanggung Jawab Bersama)
    Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika)
  • Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus. (Keberlanjutan)
    Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.
  • Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi)
    Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia


Download Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI


Tersedia file logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI dalam format gambar Jpeg, Png, Pdf, dan Vektor (ai dan eps). Sila pilih format logo yang diinginkan.

Selain itu juga disediakan pedoman penggunaan (Pedoman Identitas Visual Publik HUT RI ke-78, font yang digunakan, dan elemen grafis.

Semua file tersebut dapat diunduh melalui tombol download di bawah ini.

Itulah tema dan logo HUT RI ke-78 dalam format Jpeg, Png, Pdf, dan Vektor. Juga pedoman penggunaan, makna arti logo HUT RI ke-78, dan font serta elemen grafis peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Add Comments


EmoticonEmoticon